Pelatihan Budidaya Kentang Desa Mekar Sari Dihadiri Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang

  • Whatsapp
Penyuluhan pertanian budidaya kentang unggulan Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang - SUARAPANTAU.COM/Sudi Hariyanto

SUARAPANTAU.COM, KEPAHIANG – Program pertanian adalah salah satu sektor unggulan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Dalam rangka mendorong sektor pertanian terutama budidaya kentang, pemerintah Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan melakukan pelatihan budidaya terhadap sejumlah warga, 4-6 Juli 2022 lalu.

Pelatihan ini, dibuka langsung oleh Kepala Desa Mekar Sari, Marno dan dihadiri Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Budi, SP.

Juga hadir, perwakilan Dinas PMD Kabuapaten Kepahiang, Ana Nuraini, pendamping Desa Dinas PUPR, pemuka masyarakat dan sejumlah perwakilan kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Ketahanan Pangan mengatakan untuk bibit kentang ini akan di cari yang benar –  benar bibit terbaik.

“Bibit yang diambil yang harus dibuktikan dengan sertifikat bukan bibit asal-aslaan agar Desa Mekar Sari menjadi mandiri benih,” terangnya.

Sementara, untuk kentang konsumsi akan dijual di Pasar Tradisional, Swalayan dan juga bisa di Ekspor ke luar negeri.

“Program ini, dan dengan hal tersebut akan menambah penghasilan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Marno selaku Kepala Desa berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pelaksanaan program pelatihan ini.

“Selaku Kepala Desa sangat bangga dengan masyarakat yang sangat antusias dengan program ini,” ungkapnya.

Marno menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 1 hektar sebagai lahan siap tanam. Diperkirakan lahan tersebut, akan memproduksi 1 ton kentang.

“Penanaman budidaya kentang agar benar-benar maksimal setelah diadakan pelatihan ini,” tambahnya.

Ia berharap, petani di desanya bisa terampil dan menguasai cara bertani kentang yang benar.

“Agar para petani menguasai cara bertani kentang yang benar. Pada hari ini kita minta bimbingan dari Dinas terkait karena kita gunakan Anggaran Dana Desa maka kita harus melalui Rapat Desa.

Sudi Hariyanto

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait