Dosen Pertanian Unismuh Makassar Kolaborasi Dinas TPH Kabupaten Gowa Kembangkan Alat Pertanian

Dosen Pertanian Unismuh Makassar Kolaborasi Dinas TPH Kabupaten Gowa Kembangkan Alat Pertanian. SUARAPANTAU.COM/Muh. Suyuti

SUARAPANTAU.COM – Tim Matching Fund Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Berkolaborasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa mengembangkan Inovasi Alat Teknologi Tepat Guna pada Budidaya Kentang.

Kolaborasi antara Tim Matching Fund Unismuh yang diketuai oleh Praktisi Teknologi Pertanian, Dr. Dewi Sartika STP. M.Si dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TPH) Kabupaten Gowa diawali dengan pengembangan prototipe, penciptaan alat TTG, Uji coba Alat TTG, kemudian aplikasi Alat pada lahan Uji coba.

Selanjutnya, tahap validasi dan beberapa workshop juga dilaksanakan untuk mendukung dan memperlancar proses adopsi inovasi tekologi khususnya pada budidaya kentang.

Baca juga: Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, Mahasiswa Prodi Biologi Tanam Pohon di Bissoloro Gowa

Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah jenis tanaman hortikultura yang menjadi komoditas unggulan dan prioritas pengembangan di Kabupaten Gowa.

Tanaman kentang dibudidayakan oleh 2860 petani pada lahan seluas 3000 Ha dengan produksi mencapai 40.701,7 ton/tahun (BPS,2021).

Baca juga: Prodi Teknologi Pendidikan Latih Guru di Gowa dan Makassar Tentang Pengembangan Media Pembelajaran

Desa Kanreapia merupakan dataran tinggi (1000-1600 mdpl) dengan kondisi lingkungan yang memenuhi syarat tumbuh yang baik untuk budidaya kentang.

Sehingga Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa menjadi sentra pengembangan usaha tani kentang.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait