BSSN Apresiasi Kemenpora Luncurkan Sertifikat Elektronik

  • Whatsapp
Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) RI Hinsa Siburian. (Foto: Eco/suarapantau.com)

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI meluncurkan sertifikat elektronik di lingkungan Kemenpora.

Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) RI Hinsa Siburian mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan terselenggaranya acara ini. BSSN pun mengapresiasi bahwa acara ini merupakan bentuk kerja keras dari Kemenpora.

“Saya rasa launching ini merupakan bagian dari perlindungan sandi negara dari kejahatan siber,” kata Hinsa dalam sambutannya, Senin (15/8/2022).

Hinsa menuturkan, pemanfaatan sertifikat elektronik ini merupakan bentuk implementasi keamanan siber untuk sistem elektronik di lingkungan Kemenpora, sesuai dengan amanat Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik.

Foto bersama Kepala BSSN RI Hinsa Siburian (kedua kanan) dan Menpora RI Zainudin Amali (kedua kiri). (Foto: Eco/suarapantau.com)

Sistem elektronik sendiri merupakan identitas digital yang digunakan dalam transaksi elektronik untuk menjamin aspek keamanan informasi yang meliputi kerahasiaan, keutuhan, keaslian dan anti penyangkalan.

Menurutnya, ruang siber menjadi ruang untuk mempengaruhi orang dalam menjalankan aksi kejahatan.

Hinsa menjelaskan, ancaman siber merupakan bentuk ancaman hibrida yang terbagi dalam dua bagian, yakni bersifat teknis dan bersifat sosial.

” Dalam sifat teknis, ancaman ini bisa berbentuk DDoS, Phising, Malware dan sebagainya. Kemudian ancaman ini juga hisa bebentuk sosial seperti propaganda hitam, separatisme dan radikalisme,” terang Hinsa.

Dirinya pun berharap adanya sinergi, kolaborasi dan komitmen bersama dalam mewujudkan ruang siber yang aman dan sejahtera.

Sementara itu, Plt Sesmempora Jonni Madrizal berharap Kemenpora bisa lebih maju lagi dalam mengikuti perkembangan teknologi dengan diluncurkannya sertifikat elektronik ini.

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait