Bangsa Indonesia Keturunan Pahlawan Tidak Kenal Kata Menyerah

Bangsa Indonesia Keturunan Pahlawan Tidak Kenal Kata Menyerah

Penulis: Frank Wawolangi

DALAM seminar TNI AU di Puri Ardhya Garini I Lanud, Halim Perdanakusuma, Jakarta 8 November 2022, Prabowo memaparkan pelajaran berharga dari perang Rusia-Ukraina.

Salah satunya peralatan tempur Russia yang canggih mampu dipatahkan oleh rakyat Ukraina dengan menggunakan alat tempur yang seadanya.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh Russia ternyata tidak semudah itu mengalahkan Ukraina. Bahkan sampai sekarang, Russia masih kesulitan untuk menundukkan Ukraina.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut membuktikan bahwa dalam peperangan tidak masalah bila musuh memiliki peralatan tempur yang lebih canggih.

Pelajaran konflik Russia vs Ukraina membuktikan bahwa peralatan tempur yang lebih banyak dan lebih canggih bukan jaminan dalam memenangkan peperangan.

Pelajaran ini membuat saya teringat ketika saya mengikuti sekolah kader Partai Gerindra di Hambalang. Kondisi pejuang Ukraina sangat mirip dengan sejarah Indonesia.

Bahwa Bangsa Indonesia saat itu mempertahankan kemerdekaannya dengan semangat juang. Meski kalah persenjataan dengan Belanda yang jauh lebih maju teknologinya.

Prabowo Mewarisi Semangat Kepahlawanan

Pak Prabowo selalu berpesan pada kami kader-kader Partai Gerindra: Apabila kita melihat di kelas ini, terpampang wajah-wajah para Pahlawan.

Ada wajah para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Mulai Bung Karno, Bung Hatta, Bung Sjahrir, Tan Malaka, RA Kartini bahkan Cut Nya Dien. Gambar-gambar pahlawan ini bukan dekorasi ruangan. Ini adalah foto-foto para pendahulu kita.

Beberapa tokoh ini saya mengenalnya secara pribadi. Bung Karno dan Bung Hatta dulu pernah menggendong saya ketika saya masih kecil.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *