Efek Piala Dunia Sepakbola U-20 Dongkrak Ekonomi Indonesia

Efek Piala Dunia Sepakbola U-20 Dongkrak Ekonomi Indonesia

SUARAPANTAU.COM – Penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola U-20 edisi tahun ini berlangsung di Indonesia.

Sepakbola bukan hanya olahraga paling populer di dunia, sepakbola telah menjelma mempengaruhi berbagai sektor perekonomian
dalam dunia modern hari ini.

Olahraga sepakbola bukan hanya menjadi hobby atau instrumen untuk dipertandingankan, Ia memiliki dimensi yang lebih luas, termasuk hiburan, gengsi, kebanggaan individu-masyarakat- negara serta sarana meraup keuntungan finansial.

Oleh karenanya, tidak heran jika event sepakbola bertaraf internasional seperti UEFA Champions league, FIFA world cup dan juga piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Sepakbola bukan hanya menjadi pusat perhatian para penggemar tetapi juga pemerintah mengingat potensi keuntungan yang dapat diperoleh dari berbagai faktor.

Keuntungan yang diraup sepakbola mulai dari hak siar televisi, sponsorship, penjualan tiket dan merchandise, penginapan, makanan-minuman, hingga transportasi.

Secara umum terdapat dua dampak yang akan terjadi terhadap penyelenggaraan piala dunia U-20 di Indonesia yakni dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang.

Adapun dampak jangka pendek, sepakbola akan mempengaruhi pejualan barang dan konsumsi, hunian penginapan, transportasi masa, dan biaya tiket masuk setiap pertandingan.

Selain itu, spot wisata di sekitar stadion atau kota, dan penjualan merchandise, lapangan kerja baru (bersifat sementara).

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait