Bawaslu DKI Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

SUARAPANTAU.COM – Bawaslu DKI Lakukan Publikasi, Dokumentasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih dan Komitmen Pemilu 2024 Berintegritas, Selasa (20/6/2023).

Bawaslu Provinsi DKI Jakarta mempublikasikan laporan pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih serta komitmen bersama pemilu 2024 berintegritas.

Kegiatan dilakukan di Fave Hotel, PGC Cililitan Jakarta Timur, Selasa (20/06).

Baca Juga: Muhammad Jufri Jadi Pemateri Diskusi di Bawaslu Jakpus, Bahas Penyelesaian Sengketa Pemilu

Bacaan Lainnya

Afifuddin selaku Kepala Bagian (Kabag) Pengawasan dan Humas Bawaslu DKI Jakarta mengatakan dalam sambutannya, kegiatan ini yakni publikasi dan dokumentasi Pengawasan pemutakhiran data pemilih.

Serta melakukan komitmen bersama pemilu 2024 berintegritas, dan kegiatan ini juga sebagai silaturahmi antara Bawaslu DKI, OKP, Ormas serta jurnalis.

Lebih lanjut sambutan dari Dr Sitti Rakhman selaku anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menjelaskan, selama ini data pemilih selalu menjadi masalah berulang.

Hal itu terjadi karena dinamisnya data yang selalu berubah dari waktu kewaktu.

Sitti Rakhman merinci sejumlah faktor yang menjadi penyebab perubahan data tersebut, diantaranya perpindahan domisili, meninggal dunia, menjadi/pensiun Anggota TNI/Polri, pemilih pemula, dicabutnya hak politik, dll.

Atas banyaknya faktor tersebut, Rakhma mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bisa terlibat aktif menjadi pengawas partisipatif.

Adapun kontribusi menjadi pengawas partisipatif bisa dimulai dengan mengecek nama anggota keluarga dalam daftar pemilih.

“Jika menemukan data yang seharusnya masuk dalam daftar pemilih namun belum dimasukan ataupun sebaliknya, maka bisa melaporkan kepada Bawaslu dan jajarannya,” ungkapnya.

(**)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *