Angka Kemiskinan Turun, BPS Sebut Perekonomian Era Heru Budi Hartono Alami Kenaikan

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono
PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono

SUARAPANTAU.COM – Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, Dwi Paramita Dewi menyebutkan bahwa BPS mencatat ekonomi di Jakarta mengalami pertumbuhan dan angka kemiskinan turun di era kepemimpinan Heru Budi Hartono.

“Perekonomian Jakarta pada triwulan I tahun 2023 tumbuh 4,95 persen (y-on-y). Sementara pada periode September 2022-Maret 2023, perekonomian Jakarta tumbuh sebesar 3,43 persen dan pengangguran berkurang 13 ribu orang,” ungkapnya.

“Dari sisi pengeluaran, tiga komponen dengan pertumbuhan tertinggi adalah Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit Yang Melayani Rumah Tangga (PKLNPRT) sebesar 7,95 persen, Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) sebesar 4,18 persen, dan Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PKP) sebesar 1,19 persen,” lanjutnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Kembali Raih Opini WTP, Heru Sebut Bukan Tujuan Akhir

Dwi menambahkan, hampir semua lapangan usaha di Jakarta juga mengalami pertumbuhan positif. Pertumbuhan paling tinggi, yakni sektor Transportasi dan Pergudangan sebesar 17,43 persen.

Diikuti sektor Jasa Lainnya sebesar 13,16 persen, serta sektor Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum sebesar 8,27 persen.

Baca Juga: PB KAMI: Heru Budi Hartono Sangat Cocok Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Sementara pertumbuhan pada sektor Jasa Lainnya dan Sektor Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum tak lepas dari meningkatnya aktivitas hiburan dan pariwisata.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait