Pengamat: Peluang Danny Pomanto Terbuka Lebar di Pilgub Sulsel

Peluang Danny Pomanto Walikota Makassar dua Periode Terbuka Lebar di Pilgub Sulsel 2024
Peluang Danny Pomanto Walikota Makassar dua Periode Terbuka Lebar di Pilgub Sulsel 2024

SUARA PANTAU – Menjelang Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) sejumlah nama digadang-gadang masuk bursa calon kuat di Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

Dalam rilis Etos Politica, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo, Mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan Mantan Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

Serta Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Aras, dan Nurdin Halid memiki kans besar untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029.

Baca Juga: HMPI Sulsel Minta Danny Pomanto Maju di Pilgub Sulsel

Sejumlah nama tersebut, berdasarkan hasil survei nama-nama yang berpotensi maju dan punya kans yang besar untuk memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan pada November 2024 mendatang.

Sebelumnya, berbagai lembaga survei seperti ARCHI Research and Strategy dan PT IPI Indonesia baru-baru ini juga telah merilis hasil survei.

Survei baru-baru ini juga memotret nama-nama pendatang baru seperti Fadil Imran dan Amran Sulaiman juga masuk dalam barisan nama-nama yang punya kans besar maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024-2029 mendatang.

Baca Juga: Profil Rahmat Al Kafi Tokoh Muda Calon Walikota Palopo Pilwalkot 2024

Peneliti sekaligus pengamat politik Etos Politica, Kaslan mengungkapkan, dari sekian nama-nama yang terpotret oleh lembaga survei dikatakannya semua memiliki kesempatan dan kenaikan elektabilitas yang sama.

Pilgub Sulsel 2024 Masih Dinamis

Namun, kata Kaslan nama-nama tersebut belum bisa menjadi acuan akan menjadi bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan.

“Kalau kita amati, persentase tingkat elektabilitas nama-nama yang muncul pada dua lembaga survei, Archi dan PT IPI punya korelasi dengan kerja-kerja politik pada pilcaleg dan Pilpres 2024 14 februari lalu,” kata alumni Magister Politik Universitas Nasional ini dalam keterangannya ke wartawan, Minggu 24 Maret 2024.

Baca Juga: Pengamat: Anies Baswedan Sudah Tidak Laku di Pilgub DKI Jakarta

Sehingga, kata Kaslan potret tersebut belum bisa menjadi acuan untuk menjadi tolak ukur siapa pemenang Pilgub November 2024 mendatang.

“Pertama nama-nama tersebut belum tentu benar-benar ingin maju sebagai gubernur. Misalnya ada nama Mentan Amran Sulaiman. kita tidak yakin pak Amran benar benar akan maju, bisa jadi hanya ingin cek ombak untuk adiknya” katanya.

Kedua, pilihan cawagub dan dukungan partai politik belum muncul secara terang-terangan mendukung siapa di Pilgub Sulsel nantinya.

Baca Juga: Relawan AIM OTW Mulai Panaskan Mesin Galang Dukungan Andi Ibrahim Masdar di Pilgub Sulbar

Nama Danny Pomanto Banyak Dilirik di Pilgub Sulsel 2024

Lebih jauh, kata Kaslan, adalah masuknya nama Danny Pomanto dalam berbagi potret survei politik san menempatkan nama Danny di jajaran teratas.

“Padahal kalau kita amati beliau belum menyatakan sikap dan belum melakukan sosialisasi secara massif di daerah dibanding dengan nama-nama lain yang balihonya sudah bertebaran dimana-mana,” ujarnya.

Sehingga kata Kaslan, jika nantinya Danny Pomanto sudah terang benderang dan menyatakan sikap untuk maju dan mulai membentuk tim di lapangan, maka tentu sangat berpotensi menaikkan elektabilitas.

Baca Juga: Namanya Masuk 3 Besar Survei Pilgub, Begini Respon Nurdin Halid

“Ini yang mesti diwaspadai oleh kandidat lain. Apalagi Danny punya pengalaman politik di Makassar. Bagaimana ia mampu menjadi tokoh dibalik kemenangan kotak kosong dan perlawanan terhadap koalisi 10 partai besar” paparnya.

Kaslan menilai, meski Danny Pomanto  akan didukung oleh PDI Perjuangan di Pilgub Sulsel mendatang, namun pilihan melalui jalur independen tentu juga sangat berpotensi di tempuh oleh Danny Pomanto.

“Danny punya pengalaman menggerakkan grasroot atau angkar rumput, terutama di kota Makassar saya kira bagi pak Danny bukan hal yang sulit untuk mendapatkan dukungan independen,” katanya.

Apakah nantinya Danny maju melalui jalur partai politik atau independen, Kaslan menilai hal itu tergantung kemampuan dan perhitungan Danny menarik simpati partai politik dan elektabilitas.

“Saya kira pertimbangan elektabilitas juga akan menjadi acuan partai politik untuk mendukung Danny. tentu yang melirik sudah banyak,” ungkap Kaslan.

Seperti diketahui. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto  kini berencana menyebar baliho dirinya untuk melihat elektabilitasnya.

Rencana itu kini sedang dimatangkan Danny bersama timnya. Danny mengatakan baliho dirinya akan mulai disebar di seluruh daerah Sulsel setelah Lebaran Idul Fitri nanti (***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait