Mahasiswa Matematika Unismuh Makassar Juara II & III Mathematics Event XXIV

SUARA PANTAU – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar meraih 2 prestasi yang gemilang.

Keduanya meraih juara ajang kompetisi ilmiah berskala nasional, dalam hal ini Lomba Karya Tulis Matematika Nasional (LKTMN) Mathematics Event Tahun 2024.

Kegiatan digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin Makassar.

Baca Juga: Juara 2 Nasional! Jonathan Alexander Chandra Raih Prestasi Gemilang Lomba Matematika

Adapun Timeline Kegiatan dimulai 22 Februari s.d. 15 Maret 2024 yakni pendaftaran abstrak, berlanjut 16 Maret pengumuman abstrak, 17 s.d. 30 Maret pengumpulan full paper, 31 Maret s.d. 2 April penilaian full paper.

Pada 3 April dilakukan pengumuman 10 Besar, kemudian 3 s.d. 4 April revisi full paper dan 5 April pengumpulan hasil revisi full paper.

Selanjutnya, 8 April dilakukan presentasi, 9 April pengumuman 3 besar dan 19 April grand final/presentasi seminar nasional dan babak penentu juara 1, 2, dan 3.

Baca Juga: Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Juara Nasional Sains Indonesia Merdeka 2023

Kompetisi Ilmiah LKTMN Mathematics Event XXIV oleh HIMATIKA FMIPA UNHAS mengusung Tema “Mathematics Beyond Limit: Membuka Petualangan Matematika, Temukan Keajaiban dalam Angka.”

Kegiatan diikuti oleh berbagai TIM dari Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia.

Mengingat pentingnya kompetisi ilmiah tersebut, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar Mengutus 2 TIM sekaligus yang masing-masing beranggotakan 3 Mahasiswa dan Dosen Pembimbing.

Baca Juga: MAN 1 Sumedang Juara I Posisma Antar MA se-Kabupaten Sumedang 2023

Mahasiswa tersebut adalah Abdillah Khofial Luthfi, Miftahul Jannah, dan Rachel Aura Azzahrah. Mereka sekaligus terdaftar sebagai tim I dan II pada kegiatan tersebut.

Adapun dosen pembimbing yang mendampingi selama proses LKTIM ini ialah Dr. Abd. Kadir Jaelani, S.Pd., M.Pd.

Tim I, sukses meraih Juara 3 Lomba KTMN Mathematics Event XXIV Bidang Pendidikan Matematika. Sedangkan Tim II, berhasil meraih juara 2 Bidang Pendidikan Matematika dan Matematika Murni.

Adapun judul KTMN dari tim I ialah Eksplorasi Estetika Matematika melalui Berpikir Logis dan Kritis, sedangkan dari tim II ialah Profil Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Teorema De Burlet.

Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Ma’rup, S.Pd., M.Pd memberikan apresiasi kepada kedua tim Unismuh yang telah meraih prestasi membanggakan.

“Ini merupakan bukti bahwa mahasiswa Unismuh memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang matematika,” ujar Ma’rup.

Ma’rup berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa Unismuh lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang.

“Semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa Unismuh yang meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Dekan FKIP Unismuh Erwin Akib, Ph.D juga memberikan apresiasi atas capaian tersebut.
“Selamat Pak Kaprodi dan Sekretaris Prodi Matematika atas pembinaannya, sehingga meraih juara lomba Matematika tingkat Nasional,” ungkapnya.

Ia berharap, akreditasi Unggul yang telah diraih institusi Unismuh, maupun Prodi Pendidikan Matematika Unismuh bisa terus dikembangkan dalam wujud pembinaan mahasiswa dalam meraih prestasi nasional bahkan internasional.

Abd Kadir Jaelani juga sangat berkesan atas pencapaian mahasiswa yang ia bimbing.

“Keberhasilan tim I & tim II mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar dalam meraih juara III & II kompetisi ilmiah LKTMN KE XXIV tak lepas dari konsistensi dan komitmen yang selalu mereka upayakan”, kata Jaelani sapaan akrab dosen pembimbing tersebut.

Ia melanjutkan bahwa ide karya tulis ilmiah yang disajikan oleh mahasiswanya adalah suatu terobosan baru.

“Berangkat dari ide “Eksplorasi Estetika Matematika dan Pemecahan Masalah Teorema De Burlet” merupakan terobosan baru untuk memperkaya teori yang menyatakan bahwa “Beauty is not all there is to Aesthetics in Mathematics” bermakna “Tidak Semua Hal Terindah dalam Matematika Bernilai Estetika.”

“Terlalu banyak insan yang berjasa dan mempunyai andil dalam mensukseskan ajang bergengsi LKTMN ME XXIV sehingga tidak sempat dan tidak akan termuat bila dicantumkan dalam ruang terbatas ini. Kepada mereka semua tanpa terkecuali, kami ucapkan terima kasih”, lanjut Jaelani.

Dosen Unismuh ini kemudian mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih oleh mahasiswanya.

“Pada gilirannya, kami sangat bersyukur atas capaian prestasi yang diperoleh sekaligus terharu atas pengalaman yang sanggup menorehkan memori indah untuk dikenang. Semoga kesan mendalam terukir dalam sanubari dan menjadi ikatan batin yang tak lekang oleh zaman”, tutupnya.

Penulis: Suyuti

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait