Dihadapan Pengungsi, Prabowo Ungkap Akan Bentuk Kementrian Khusus Bencana

Prabowo Subianto tinjau camp pengungsian Gempa Sulteng - SUARAPANTAU.COM

SuaraPantau.com, Sigi – Calon Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto berencana akan membentuk kementerian baru yang khusus menangani masalah bencana alam jika dirinya terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang.

Ide dan gagasan tersebut muncul lantaran beberapa wilayah di Indonesia masuk kedalam wilayah rawan bencana. Karena itu, dibutuhkanlah lembaga khusus yang menangani masalah tersebut.

Apalagi negara-negara di dunia yang wilayahnya rawan bencana telah memiliki kementerian khusus yang menangani masalah tersebut.

Baca Juga: Terungkap Sosok M Jusuf Jenderal TNI dari Tanah Bugis Idola Prabowo

“Kita sedang berfikir kearah situ (membentuk kementerian khusus menangani bencana alam), karena banyak negara yang punya badan khusus seperti itu, saya kira kita sedang berfikir seperti itu, karena kawasan kita seperti ini (rawan bencana) jadi kita harus siap,” kata Prabowo.

Hal tersebut, disampaikan saat mengunjungi tenda pengungsian korban tsunami, gempa dan likuifaksi di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga: Profil Nur Anak Jalanan yang Dikirim Prabowo Ikuti Street Child World Cup di Qatar

Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno itu menjelaskan, karena beberapa daerah di Indonesia masuk kedalam wilayah rawan bencana.

Sehingga pemerintah Indonesia harus berfikir panjang untuk menyiapkan sarana dan sumber daya siap siaga menghadapi bencana alam tersebut. Sehingga, proses pencegahan dan penanganan bencana bisa berjalan dengan baik dan cepat.

“Kita tinggal di suatu kawasan yang harus siap menghadapi bencana, karena itu tentunya kita harus berfikir jauh kedepan kita harus menyiapkan sarana dan sumber daya kita supaya kita lebih siap menghadapi bencana dan bisa cepat membantu rakyat,” tutup Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.(RN)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait