NCID Kritik Rencana Pemindahan Ibukota yang Kurang Tepat

Ilustrasi. SAURAPANTAU.COM/INT

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Polemik pemindahan ibukota negara terus berpolemik panjang menyusul sikap pemerintah yang berencana akan mengumumkan hal tersebut.

Hal tersebut, ditanggapi serius oleh pengamat politik Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman, Rabu (31/7/2019).

Jajat menilai pemindahan ibukota ditinjau ulang dan dipersiapkan lebih matang. Ia mengingatkan, proses pemindahan ibukota jangan ditunggangi dengan intrik politik semata.

“Pemindahan ibukota bukan pekerjaan yang mudah dan tentu butuh kajian dan pertimbangan matang dari berbagai aspek. Sebab ini akan turut berpengaruh terhadap stabilitas negara termasuk stabilitas ekonomi yang harus dipertimbangkan,” tutur Jajat.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh, kata Jajat, sebaiknya pemerintah fokus membenahi keuangan negara yang tengah defisit karena beberapa BUMN yang menunjukkan geliat kurang baik.

“Negara butuh anggaran yang tidak sedikit untuk melakukan pemindahan ibukota. Lebih anggaran yang tersedia dikelola dengan baik demi pertumbuhan ekonomi dan investasi yang tepat guna sebesar-besarnya untuk kesejahteran rakyat,” tambah Jajat.(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *