Mengenal Taufan Ikhsan Tuarita, Dokter Milenial Kandidat Ketua Umum PB HMI

  • Whatsapp
Taufan Tuarita, Calon Ketua Umum PB HMI

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Pagelaran Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke XXXI rencananya akan digelar pertengahan Maret 2021 tahun Ini di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan hasil rapat keputusan SC kongres menetapkan 26 kandidat akan bertarung memperebutkan kursi kepemimpinan di salah satu organisasi mahasiswa tertua di Indonesia itu.

Bacaan Lainnya

Salah satu kandidat yang namanya sudah tidak asing di Himpunan Mahasiswa Islam yakni dr. Taufan Ihsan Tuarita yang kini masih menjabat sebagai sekertaris jenderal PB HMI periode 2018-2020

Diketahui dr. Taufan Ihsan Tuarita lahir di Ambon, 9 Agustus 1989 (31 Tahun). Pada usia 5 tahun, Taufan sudah menginjakan kakinya untuk belajar di SD Negeri 8 Kota Masohi, yang terletak di Provinsi Maluku Kabupaten Maluku Tengah, pada tahun 1994-1999.

Pada tahun 1999-2002, dokter muda ini hijrah jauh untuk melanjutkan sekolah menengah pertamanya ke Kota Makasar (Provinsi Sulawesi Selatan), di SMP Pondok Pesantren IMMIM Putra Makasar.

Setelah menimba ilmunya di pondok pesantren tersebut, pada tahun 2002 Taufan kembali ke  Maluku, tepatnya di Kabupaten Seram bagian Barat (SBB). Tempat dimana ia mengenyam pendidikan menengah atasnya pada SMU Negeri 1 Kairatu, dan tamat pada tahun 2005.

Setelah itu, Taufan masuk pada Universitas Muslim Indonesia (UMI) makasar, dan resmi menjadi mahasiswa pada fakultas Kedokteran.

Dirinya bergabung dengan berbagai organisasi. Mulai dari yang bersifat internal sampai yang eksternal. Bahkan yang menjadi hal luar biasa, pada tahun 2006, yakni satu tahun berproses sebagai seorang mahasiswa baru, Taufan dipercayakan menjadi sekertaris religious pada Asian Medical Student Asociation (AMSA-UMI), sebuah perkumpulan mahasiswa kedokteran se-Asia.

Selain itu, karir kepemimpinan intelektual muda di HMI dimulai ketika dirinya menjabat sebagai ketua komisariat di Fakultas Kedokteran pada Tahun 2008-2009.

Sebelum dipercaya sebagai  Sekjen PB HMI dirinya juga tercatat pernah menjabat sebaga Direktur eksekutif pada Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI PB HMI) periode 2016-2018.

Penulis: Ismail Mahmud
Editor : Asran S.

Facebook Comments

Pos terkait