Journal Mistar HMI Tarbiyah dan Keguruan Cagora Gelar Sekolah Riset

  • Whatsapp
Tangkapan Layar Pelaksanaan Sekolah Riset Insan Akademis

SUARAPANTAU.COM, GOWA – Journal Mistar yang diterbitkan HMI Komisariat Tarbiyah & Keguruan Cabang Gowa Raya melaksanakan Sekolah Riset Insan Akademis. Selasa, 13 April 2021.

Editor in Chief, Journal Mistar, Ismail Suardi Wekke mengemukakan bahwa pelaksanaan sekolah riset ini berlangsung selama satu semester.

Iklan PU Makassar

“Telah dimulai sejak Maret lalu, akan berlangsung sampai Juni mendatang” tutur Ismail.

Peserta terbuka untuk siapa saja untuk belajar riset bersama.

“Pelaksanaan sekolah riset berusaha untuk memberikan daya dukung bagi ekosistem riset pendidikan. Tidak hanya sekadar menerbitkan jurnal tetapi juga mengedukasi para penulis,” kata Ismail.

Jikalau sebelum Ramadhan, pertemuan tatap maya dilaksanakan malam hari. Adapun selama Ramadhan dilaksanakan sore hari.

“Dengan mempertimbangkan aktivitas tarwih dan juga ibadah selama Ramadhan. Maka, kelas dibuat sore hari,” ujar Ismail yang juga dosen pascasarjana IAIN Sorong.

Selanjutnya, Ismail menambahkan bahwa pelaksanaan sekolah riset seiring dengan penerbitan Journal Mistar, dan juga Mistar: Jurnal Pendidikan.

Kedua jurnal tersebut telah mendapatkan ISSN sejak tahun lalu. Journal Mistar terbit dua kali setahun, Juni dan Desember. Sementara Mistar: Jurnal Pendidikan, juga dua kali setahun diterbitkan Februari dan Agustus

Penerbitan jurnal hanyalah merupakan salah satu aktivitas.

“Bagian penting lainnya adalah bagaimana penyamaan persepsi terkait penerbitan itu. Sehingga dapat menghasilkan penerbitan yang memungkinkan dengan adanya sebuah pemahaman yang sama,” pungkas Ismail.

Diketahui, dalam Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang Dr. H. Ismail Fajri.

 

(*/IM)

Facebook Comments