Paramitha Widya Kusuma Usul Bandara Adi Soemarno Perlu Hadirkan Layanan ‘Jalur Cepat’

  • Whatsapp
Kunker BURT DPR RI di Bandara Adi Soemarno, Kota Solo, Jawa Tengah (25/9/2021) - SUARAPANTAU,COM/IST

SUARAPANTAU.COM, SOLO – Kunjungan kerja (Kunker) Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan masukan ke peningkatan layanan dengan menghadirkan layanan jalur cepat (fast track) pada Program JOUMPA di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Hal tersebut, diusulkan oleh salah satu Anggota BURT DPR RI, Paramitha Widya Kusuma.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, layanan jalur cepat ini akan membantu masyarakat, anggota DPR, hingga pejabat lainnya yang ingin mendapatkan fasilitas ground handling, mulai dari check-in, pelayanan bagasi, hingga antar-jemput penumpang sebelum dan setelah naik pesawat.

“Layanan jalur cepat JOUMPA di bandara ini belum ada ya. Jadi, proses ground handling masih bersama dengan jalur pada umumnya yang membutuhkan waktu lama. Jadi, menurut saya ini kurang nyaman sekali bagi para pihak terkait yang harus bekerja cepat kunjungan ke manapun dengan waktu yang tepat, tentunya perlu adanya pelayanan yang ekstra juga,” jelas Paramitha di sela kunjungan Tim BURT DPR RI ke Bandara Adi Soemarmo, Solo, Sabtu (25/9/2021).

Menurut Paramitha, layanan jalur cepat tersebut sekaligus juga tidak akan mengganggu masyarakat pada umumnya karena tidak harus menyela antrian perjalanan orang lain.

Ia meminta PT Angkasa Pura selaku BUMN induk dari PT Gapura yang menangani ground-handling tersebut untuk perkuat koordinasi terkait hadirnya layanan jalur cepat ini dalam Program JOUMPA di Bandara Adi Soemarmo.

“Secara umum, Program JOUMPA ini sudah sangat baik di bandara ini. Namun, belum ada layanan jalur cepat tersebut. Saya sudah sering menyampaikan ini namun belum ada tindak lanjutnya dari PT Angkasa Pura dan JOUMPA itu sendiri. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan ada realisasi layanan fast track di dalam negeri,” ujar politisi Fraksi PDI Perjuangan itu.

Diketahui, Program JOUMPA merupakan program kenyamanan bandara (airport hospitality) yang telah diluncurkan oleh PT Gapura sejak Oktober 2017. Program tersebut sudah tersedia di 50 (lima puluh) bandara di Indonesia.

Namun, dari hasil paparan dalam kunjungan BURT DPR RI ini, baru tersedia dua bandara di Indonesia yang baru menerapkan layanan jalur cepat dalam Program JOUMPA tersebut, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Adapun Kunjungan Kerja BURT DPR RI ini dipimpin oleh Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso, dan diikuti Anggota BURT DPR RI lainnya, seperti Cen Sui Lan, Eva Yuliana, Lasmi Indrayani, Hamid Noor Yasin, dan Sadarestuwati.

(*/rls)

Facebook Comments

Pos terkait