Mulyadi BJ, Sosok Muda dan Ringan Tangan! ‘Suko Manoloang Urang Kampuang’

Calon wali nagari Batipuah Baruah nomor urut 4, Mulyadi BJ. (Foto: facebook.com)

SUARAPANTAU.COM, BATIPUAH – Calon wali nagari Batipuah Baruah nomor urut 4, Mulyadi BJ diketahui sudah mendapatkan tempat dihati masyarakat Batipuah Baruah, khususnya Jorong Kubu nan V. Bagaimana tidak, konon sosok muda dan tampan ini suka membantu masyarakat terlebih jika ada masyarakat yang ingin mengurus data mereka di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar.

Tak hanya warga Batipuah Baruah, masyarakat lain yang ada di Kabupaten Tanah Datar itu juga sering dibantunya. Kebetulan, BJ begitu sapaan akrabnya, bekerja di instansi tersebut.

Kisah itu pun bermula dari teman sesama duduk di bangku sekolah menengah pertamanya yakni, Syafrida Wati.

BJ, kata Rida, menceritakan jika sosok BJ ini kerap membantu sesama disaat kesulitan. Hal ini, kata Rida, sudah ada saat mereka menempuh pendidikan di SMPN 3 Padang Panjang.

Hingga saat mereka sudah beranjak dewasa, BJ dan Rida yang merupakan satu kampung ini pun masih suka membantu masyarakat. Kesaksian ini pun diceritakan langsung kepada suarapantau.com begitu dikonfirmasi tentang Mulyadi BJ ini terkait pencalonanya maju sebagai calon Wali Nagari Batipuah Baruah ini.

BJ tu suko manoloang urang kampuang. Sajak sekolah memang suko manoloang kawan-kawannyo. (BJ itu suka membantu masyrakat. Semenjak sekolah memang suko membantu teman-temannya),” kata Rida berbagi pengalamannya tentang sosok Mulyadi BJ, Rabu (17/11/2021).

Rida melanjutkan, hingga saat ini, BJ selalu membantu masyarakat. Apalagi BJ yang merupakan salah satu staf di Dinas Dukcapil itu selalu membantu masyarakat, mulai dari mengurus akta kelahiran hingga mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Nah, dari siko masyarakat alah maraso nyaman dan terbantu dek BJ ko dalam maurus data-data soal kependudukan. Masyarakat batarimo kasih bana samo BJ. (Nah, dari sini masyarakat sudah merasa nyaman dan terbantu oleh BJ ini dalam mengurus data-data soal kependudukan. Masyarakat sangat berterima kasih kepada BJ),” terang Rida mengisahkan.

Rida juga mengakui, jika dirinya juga pernah dibantu oleh BJ tersebut untuk mengurus akta kelahiran dan KK. Meskipun keduanya sudah bersahabat sejak sekolah.

“Uni pernah juo nyo minta tolong samo BJ ma urus data-data uni. Pasti maraso terbantu lah. Kito ndak jauah-jauah datang ka Dukcapil tu lai. Apo lai kini di maso pandemi ko, kan indak buliah berkerumunan. (Uni pernah juga minta tolong sama BJ mengurus data-data uni. Pasti terbantu lah. Kita nggak perlu jauh-jauh datang ke Dukcapil. Apalagi saat ini masa pandemi, kan nggak boleh berkerumunan),” jelas Rida.

Terkait dengan pencalonan BJ untuk maju di Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Batipuah Baruah, Rida mengaku setuju dan mendukung. Bukan tanpa alasan, meski mereka sudah saling kenal, namun alasan Rida mendukung pencalonan BJ karena Rida merasa jiwa kepemimpinan itu ada pada diri BJ. Dan Rida pun merasa, BJ sangat cocok untuk memimpin Nagari Batipuah Baruah kedepannya.

Sementara di kesempatan berbeda, dukungan untuk BJ juga bermunculan dari desa yang berbeda, namun masih masuk ke dalam Kenagarian Batipuah Baruah.

Narasumber yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan sangat setuju jika Mulyadi BJ menjadi pemimpin di Nagari Batipuah Baruah. Meski tak terlalu mengenali sosok BJ, namun kebaikan dan suka menolong masyarakat ini jadi perhatian khusus baginya.

“Nan elok sabana elok tu memang jarang kini. Kalau memang ado yang elok model itu, apo salahnyo kito dukuang jadi pemimpin di Nagari Batipuah Baruah ko. (Yang betul-betul baik itu memang jarang saat ini. Kalau memang ada yang baik seperti itu, apa salahnya kita dukung jadi pemimpin di Nagari Batipuah Baruah ini),” ujar pria paruh baya itu menegaskan.

Senada dengan itu, Ita, salah satu masyarakat juga mengatakan jika sosok BJ ini memang sangat ramah dan rendah diri.

“BJ tu yo elok urangnyo. (BJ itu memang baik orangnya),” kata Ita menimpali.

Dilansir dari sosial media Facebook, Pilwanag Batipuah Baruah ini memang menjadi perbincangan masyarakat. Salah satu grup dalam sosial media tersebut juga memperlihatkan antusias masyarakat dalam perhelatan ini. Hal itu terlihat dari suara masyarakat yang dituliskan baik melalui unggahan maupun komentar-komentar yang berseliweran dalam grup itu yang menyuarakan dukungan mereka kepada calon wali nagari.

Sebelumnya, Pilwanag Batipuah Baruah kali ini diikuti sebanyak lima orang calon. Masing-masing calon memiliki latar belakang yang berbeda dan berasal dari jorong (desa) yang berbeda dalam nagari Batipuah Baruah.

Adapun calon nomor urut 1 adalah Tasmon, A.md; nomor urut 2 adalah H. Jafri Eka Putra, S.Pdi; nomor urut 3 yakni Tri Yang Shakti Poernomo, ST. Dt. Tumbayan Sati; nomor urut 4 yakni Mulyadi BJ dan nomor urut 5 adalah Arjumiser Dt. Lano Tuah. (cho)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait