Pengembangan HOT dan Literasi Tim Edukasi Kemanusiaan PGSD FIP UNJ

Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) - SUARAPANTAU.COM

Selain itu juga menggunakan media permainan tradisional Engklek dalam menguatkan Pendidikan karakter. Engklek yang digunakan adalah Engklek Karakter (EKA) yang merupakan pengembangan Engklekatau biasa dikenal juga dengan dampu bulan merupakan permainan yang berbentuk susunan kotak.

Dalam memainkannya diperlukan kekuatan dan ketangkasan untuk dapat menjadi pemenang. Karenanya engklek dapat melatih motorik anak. Selain itu permainan engklek yangdimainkan bersama-sama juga dapat mengembangkan karakter siswa seperti sportifitas, kejujuran, kerjasama, dan rasa hormat. Kegiatan ketiga berupa kegiatan bermain matematika (literasi numerasi).

Dengan perkembangan IPTEK dalam pembelajaran matematika, maka media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan isi pelajaran kepada siswa serta dapat menjadi pendukung dalam proses pembelajaran sehingga menjadi menarik dan tidak membosankan.

Terdapat berbagai bentuk media pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret kepada peserta didik, seperti Tangram, Tarsia Puzzle, dan membuat Box Origami.

Bacaan Lainnya

Kegiatan membuat tangram, dan origami menjadi kegiatan yang menyenangkan dalam belajar matematika khususnya geometri. Kegiatan kelima berupa Edukasi pola hidup sehat dan religious, dengan tema “Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Memakan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Setiap Hari”.

Orang tua dan anak anak dikenalkan dengan pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak sehat. Unsur-unsur makanan sehat tersebut merupakan bagian darikandungan di setiap makanan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna itu sendiri merupakan motto yang diperkenalkan oleh Prof. Poerwo Soedarmo yang merupakan Bapak Gizi Indonesia.

Beliau membagi limakelompok besar makanan yang termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dansusu. Lalu, makanan-makanan yang termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan-makanan yang sangat baik bagikesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan manfaat yang didapatkan oleh tubuh, ketika kita mengonsumsinya setiap hari atau dalam jangka waktu yang lama. Berikut foto-foto kegiatan yang dilakukan dalam program edukasi kemanusiaan.

Dengan beberapa macam kegiatan yang dilakukan oleh tim Edukasi Kemanusiaan GPSD FIP UNJ dapat membawa manfaat kepada semua pihak yang terlibat, khususnya kepada mahasiswa yang mendapatkan kesempatan berharga dengan adanya kebijakan MBKM ini.

** Tim Edukasi Kemanusiaan PGSD FIP UNJ

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *