Mengenal Sosok Anthon Andi Pangerang Budayawan Sulsel dari Tanah Luwu

  • Whatsapp
Anthon Andi Pangerang -SUARAPANTAU.COM/IST

SUARAPANTAU.COM – Anthon Andi Pangerang lahir di Palopo, 13 Agustus 1944. Lahir dari keluarga bangsawan Luwu, putra dari Andi Pangerang Opu To Sinilele dan Andi Sitti Johar Opu da Amirah.

Pada tahun 1982 mengikuti training sebagai Research Assistence Bidang Antropologi melalui program South East Asian Study di California Santa Cruz (U.C.S.C) Amerika Serikat.

Ia menjadi narasumber dalam berbagai seminar dan forum sejarah dan budaya Luwu. Khususnya, ulasan tentang naskah I Lagaligo pada berbagai kegiatan seminar, simposium, lokakarya, dan pertemuan ilmiah lainnya baik lokal, regional, nasional hingga internasional.

Mendiang semasa hidupnya sangat aktif dalam mempopulerkan kebudayaan monumental Sulawesi Selatan, I Lagaligo.

Ia ikut mendampingi, mulai dari latihan pertamakali di Bali persiapan pertunjukan ILagaligo oleh Sutradara Robert Wison dan penulis Skripnya Rhoda Grauer.

Juga pernah ikut mendampingi pertunjukan Ilagaligo keliling Eropah dan New York.

Saking cintanya pada I Lagaligo, dia paksakan dirinya yang sedang sakit dari Palopo untuk menghadiri pertunjukan I Lagaligo di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan Jakarta tahun 2019 yang saat itu juga dihadiri oleh Yang Mulia Datu (Raja) Luwu ke 40, Andi Maradang, Opu To Bau.

(*/red)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait