Kemenpora RI Gandeng Ponpes As-Sonhaji Gelar Pelatihan Pembuatan Teh Kelor

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, PAMEKASAN – Pondok Pesantren (Ponpes) As-Sonhaji Pamekasan bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) gelar seminar dan pelatihan Pesantren Preneur.

Kegiatan ini bertajuk “Pembuatan dan Pemasaran Teh Kelor” yang dilaksanakan selama dua hari, 17-18 Mei 2022.

Pengasuh Ponpes As-Sonhaji K. Ach Soheb Sonhaji menyebutkan pelatihan ini untuk mengembangkan jiwa entrepreneur (Pengusaha) santri.

Menurutnya santri punya kamampuan yang mumpuni untuk menjadi seorang pengusaha.

“Dari dulu hingga sekarang pesantren punya peran strategis dalam mengisi peradaban bangsa ini. Dengan keilmuan yang dimiliki santri, mereka mampu memberikan kontribusi nyata ditengah masyarakat, baik itu sebagai pendidik atau menjadi seorang pengusaha, Rabu (17/5/2022).

Sementara Asisten Deputi (Asdep) Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan dorong pesantren untuk mengembangkan jiwa enterpreneur bagi santri.

Menurutnya santri harus punya jiwa enterpreneur, kamampuan untuk berwirausaha harus dilatih sejak dini dikalangan pesantren. Karena kata dia pesantren itu punya peran sentral dalam mengembangkan ekonomi umat.

“Siapapun boleh menjadi pengusaha termasuk santri. Sehingga nantinya akan lahir pengusaha-pengusaha santri yang siap memajukan ekonomi bangsa dan umat,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah, mengatakan santri punya kesempatan dan peluang yang sama untuk menjadi pengusaha sukses.

“Untuk menjadi pengusaha itu modalnya kemauan dan tekat yang kuat, sekarang ini media sosial sangat terbuka luas, jadi itu bisa dimanfaatkan untuk berjualan, melatih diri untuk menjadi seorang enterpreneur (Pengusaha),” jelasnya.

Lanjut dia, penting bagi santri untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital, karena sekarang ini memang eranya. Ini adalah peluang bisnis yang sangat besar.

“Kita bisa berjualan apapun disana, dan kita tidak harus punya toko fisik, cukup kita bisa promosikan diberbagai paltform media sosial yang kita punya,” pungkas Nuning.

Sigit Awaludin

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait