Kepala BPSDM Apresiasi Pemkab Luwu Laksanakan Orientasi P3K Pertama di Sulsel

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang memberikan sambutan dalam kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemkab Luwu di Aula Kantor Bappelitbangda, Belopa, Kamis (11/5).

SUARAPANTAU.COM, BELOPA – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel, Prof. Dr. Muhammad Jufri menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Luwu.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemkab Luwu di Aula Kantor Bappelitbangda, Belopa, Kamis (11/5).

“Saya mewakili Pemprov Sulsel menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemkab Luwu yang telah memberikan kepercayaan dan amanah untuk mengambil bagian dalam proses penyelenggaraan kegiatan orientasi” kata Muhammad Jufri

Menurutnya, Pemkab Luwu memiliki respon cepat atas tindak lanjut dari surat yang dilayangkan oleh Kepala BPSDM Sulsel perihal penyelenggaraan kegiatan Orientasi PPPK pada 24 Kabupaten/Kota tahun 2023.

“Ini membuktikan Pemkab Luwu punya komitmen dan pernyataan sikap yang tegas untuk membantu pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia. 593 orang P3K tentu bukanlah angka yang kecil karena ini akan menjadi tanggungan dari APBD dan tentu harus tetap dijamin keberlangsungannya. ” ujarnya.

“Kita berharap melalui orientasi ini melahirkan abdi negara yang ikut berperan dalam mengembangkan pemerintahan yang baik di Kabupaten Luwu dan Pemprov Sulsel secara keseluruhan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Luwu, Dr. Drs. H Basmin Mattayang, M.Pd. menjelaskan Pemkab Luwu sejak awal telah mendukung perbaikan nasib para tenaga honorer dengan memperjuangkannya menjadi PPPK.

“Periode pertama saya menjabat sebagai Bupati, saya termasuk salah satu Bupati yang memperjuangkan tenaga honorer menjadi CPNS melalui jalur database, dan para periode kedua ini, kembali memperjuangkan tenaga honorer yang usia diatas 35 tahun menjadi ASN melalui jalur P3K,” kata Basmin.

Ia mengaku Pemkab Luwu terus berupaya dalam memperbaiki taraf kehidupan masyarakatnya terutama tenaga honorer yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita gunakan momen ini untuk belajar, berdiskusi dengan teman, mendengarkan apa yang akan disampaikan oleh para narasumber dan bisa berinteraksi satu sama lain sehingga akan terbentuk pengetahuan serta wawasan yang baru, terjadi peningkatan keterampilan dan tidak kalah pentingnya adalah perubahan perilaku, attitude dan akhlak yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, H. A. Muhammad Ahkam Basmin S.STP. MM mengatakan tujuan orientasi PPPK ini untuk memberikan pengenalan dan penyediaan informasi mengenai Aparatur Sipil Negara.

“Tujuan lain adalah memberikan pembekalan kepada PPPK terkait pengenalan tugas dan fungsi ASN serta memberikan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah,” kata Muhammad Ahkam Basmin.

Peserta Orientasi PPPK Tahun 2023 berjumlah 593 orang dengan rincian 529 orang tenaga pendidik, 27 tenaga medis dan 37 tenaga teknis. Peserta orientasi ini berasal dari 15 angkatan yang dibagi kedalam 8 sesi.

“Untuk kurikulum pengenalan nilai dan etika instansi pemerintah, dilaksanakan selama 16 JP atau selama 3 hari tiap sesi melalui pembelajaran klasikal,” ungkapnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait