Astana Jadi Ibukota Pertama Kerjasama Otoritaria IKN

Astana Jadi Ibukota Pertama Kerjasama Otoritaria IKN

SUARAPANTAU.COM – Ibukota Negara Kazakhstan, Astana jadi kota pertama yang bekerjasama dengan Ibukota Nusantara (IKN), Senin 3 Juli 2023.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono bersama-sama dengan Gubernur Ibu Kota Astana, Zhenis Kassymbek, telah menandatangani MoU (Memorandum Saling Pengertian) antara Otorita Ibu Kota Nusantara dan Kantor Gubernur Ibu Kota Astana tentang inisiatif Ibu Kota Negara.

Penandatangan dilaksanakan di Kantor Gubernur Ibu Kota Astana, Kazakhstan, dengan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kazakhstan, Dr. M. Fadjroel Rachman.

Baca Juga: Komitmen Dubes Fadjroel Rachman Beri Pelayanan Mobile Konsuler KBRI Astana

Sebelum penandatanganan, Kepala Otorita dan Delegasi berkesempatan melakukan pertemuan dengan Gubernur Astana yang didampingi oleh Wakil Gubernur Astana dan delegasi.

Kedua Kepala Ibu Kota telah berdiskusi dan bertukar pandangan tentang pengalaman pembangunan ibukota negara.

Baca juga: Dubes Fadjroel Rachman Dukung Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Eurasia Economic Union

Kassymbek menceriterakan pengalaman, praktik baik dan tantangan pembangunan Astana yang telah 25 tahun menjadi ibukota baru Kazakhstan, semenjak pindah dari kota Almaty pada tahun 1998.

Sementara Bambang Susantono telah menjelaskan visi dan perkembangan pembangunan Ibu Kota Indonesia masa depan Nusantara yang dicanangkan menjadi Ibu Kota hutan pertama di dunia dengan konsep cerdas, modern, hijau dan berkelanjutan (Sustainable Forest City).

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait