Peran Teknologi Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

INT

Hal yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum memiliki posisi yang sangat strategis dan berfungsi sebagai penjabaran dari visi, misi, dan tujuan pendidikan dari suatu lembaga pendidikan tertentu.

Kurikulum   adalah   dokumen perencanaan yang berisi informasi tentang tujuan yang harus dicapai, materi dan kegiatan  pembelajaran  yang  harus  diselesaikan  oleh  guru,  strategi  dan  metode yang    dapat    digunakan.

Evaluasi    yang    harus    dilakukan    dalam    rangka mengumpulkan data tentang ketercapaian tujuan, dan implementasi dari dokumen tersebut yang harus dievaluasi dengan cara yang tepat.

Fungsi  keberadaan  kurikulum  dapat  dirasakan  oleh  pihak-pihak  yang  terlibat  dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. bagi guru, kurikulum berfungsi sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Bacaan Lainnya

Bagi kepala sekolah, kurikulum berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan supervise atau pengawasan.

Bagi orang tua, kurikulum berfungsi sebagai acuan dalam pembimbingan anak saat belajar di rumah, dan bagi masyarakat kurikulum berfungsi sebagai acuan untuk memberikan bantuan untuk terlaksananya proses pembelajaran di sekolah.

Pada intinya kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran di sekolah tentunya banyak melibatkan guru dan peserta didik. Perkembangan teknologi pendidikan merupakan bidang utama kemajuan teknologi dalam proses perubahan kurikulum dan revisi kurikulum.

Kurikulum bergerak secara umum mengikuti arah yang sama dengan perkembangan teknologi, dan pengembangan kurikulum perlu  dilakukan  agar  kualitas  pendidikan  di  Indonesia  dapat  menyesuaikan  dengan perkembangan teknologi.

Dalam    meningkatkan    kualitas    pendidikan    di    Indonesia    menteri Kebudayaan menerapkan program “Merdeka Belajar”.

Konsep merdeka belajar ini di   gagas   oleh   Bapak   Nadiem   Anwar   Makariem   yang   diharapkan   mampu meningkatkan kepribadian yang sesuai kultur budaya.

Sehingga menjadi manusia beriman  serta  bertaqwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  sehat,  berahlakul karimah, cakap, berilmu, inovatif, kreatif, mandiri, serta menjadi masyarakat yang demokratis  dan  bertanggung  jawab.

Menurut Mustaghfiroh, merdeka  belajar  ini merupakan  merdeka  dalam  pikir  yang  secara  khusus  dapat  menyesuaikan kebijakan untuk mengembalikan esensi dari asessmen pembelajaran (Widiyono, dkk 2021).

Upaya    peningkatan    kualitas    pendidikan    di    Indonesia    harus    dibarengi    dengan perkembangan  tekonologi.  Teknologi  dalam  pendidikan  sebagai  wadah  dalam  memfasilitasi proses  belajar  sehingga  dapat  digunakan  sebagai  sumber  belajar  supaya  terbentuk  pendidikan yang   efisien   dan   efektif.

Hal ini juga tergambar dari defenisi menurut AECT (2008):

” Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources” (Januszewski & Molenda, 2008), yang artinya teknologi dalam pendidikan adalah studi dan praktik untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan  kinerja  dengan  mengembangkan,  menerapkan,  dan  mengimplementasikan teknologi yang tepat dan sesuai dengan situasi.

Peran teknologi pendidikan dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran terdapat  berbagai  jenis  permasalahan seperti:

  1. Kesulitan  dalam  mempelajari konsep  yang  abstrak.
  2. Kesulitan  dalam  menalar  suatu  kejadian  yang  sudah lama  dialami.
  3. Pengalaman yangkurang  luas  sehingga  mengahambat  dan terbatas.
  4. Kesulitan dalam mengamati suatu benda yang kecil maupun besar.
  5. Kesulitan   memahami   konsep   yang   sulit   atau   HOTS (Immanuddin   dan Suryanata, 2017). Permasalahan tersebut sedikit dari permasalahan yang timbul dalam program merdeka belajar, permasalahan tersebut perlu ditindaklanjuti untuk mendapatkan  solusi  dari  permasalahan  sehingga  tercipta  pembelajaran  yang berlangsung   dengan   efektif   dan   efisien   sehingga   dapat   mencapai   tujuan pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan teknologi.

Teknologi  pendidikan  ini  mampu  untuk mempermudah  program merdeka belajar.  Sejalan  dengan  hal  tersebut  tekologi  pendidikan  dapat  meningkatkan pendidikan dalam ranah pendidikan.

Peran teknologi dalam pendidikan yaitu: (1) Dapat  meningkatkan  kualitas  pendidikan  dengan  membantu  pendidik  dalam mengalokasikan  waktu  secara  efektif  dan  efisien,  memajukan  tahapan  belajar, mengurangi  kegiatan  ceramah  sehingga peserta  didik  mengembangkan  proses pembelajaran. (2) Menemukan solusi mengenai pendidikan yang sifatnya individu misalnya  diberikan  kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk  mengembangkan minat, bakat serta potensi peserta didik namun masih dalam pantauan guru. (3) Konsep  dasar  pengajaran  secara  ilmiah  dilakukan  dengan  cara  perencanaan program  tersistem,  mengembangkan  bahan  ajar  yang  dilandasi  dengan  kaidah ilmiah.  (4) Dapat  memaksimalkan  kompetensi  yang  ada  pada  pendidik  dengan cara  menambah  wawasan  pengajaran  yang  konkret.  (5) Mutu  pendidikan  lebih diutamakan.

Teknologi pendidikan berperan penting dalam pendidikan merdeka belajar dalam    pembelajaran    online.    Tekonologi    bermanfaat    untuk    menunjang keberhasilan  pembelajaran  sehingga  dapat  mencapai  tujuan  yang  diharapkan. Contoh implementasi teknologi dalam pendidikan yaitu media pembelajaran media ialah  dari  kata  medium.  Medium  berarti  perantara  atau  pengantar  terjadinya komunikasi  dari  pengirim  menuju  penerima.

Menurut (Santyasa,  2007  dikutip dalam    Lestari,    2018) media    pembelajaran    ialah    sesuatu    yang    dapat menyampaikan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat menarik perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dapat digunakan mulai dari sederhana hingga kompleks. Teknologi diciptakan untuk dapat menariik minat peserta   didik   dalam   belajar. Penggunaan   teknologi   ini   mendukung   dan meningkatkan  proses  kognitif  anak  dan  keterampilan  berpikir  kritis.  Contoh teknologi yang sangat erat digunakan yaitu internet.

Internet memberikan manfaat kepada guru dalam menyajikan pembelajaran menjadi lebih menarik bagi peserta didik. Pembelajaran    online    ini  menggunakan    internet    sebagai    media. Pembelajaran  akan  lebih  fleksibel  dari  waktu  dan  tempat  dalam  mengakses informasi.

Pembelajaran  ini lebih  menekankan  peserta  didik  untuk  berpikir  secara mandiri   sehingga   dapat   meningkatkan   proses   kognitif   peserta   didik   dan keterampilan  berpikir.  Contoh  penggunaan  teknologi  media  pembelajaran  yaitu radio,  televisi,  sosial  media,  video  yang  dapat  dimanfaatkan  untuk  memfasilitasi peserta  didik  menurut  gaya  belajar  yang  berbeda-beda  sehingga  anak  akan bersemangat dan lebih giat dalam belajar.

Pembelajaran  sesuai  dengan  karakteristik  transformasi  kecanggihan  di  dunia.

Berikut merupakan satuan pendidikan dan peserta didik yang teknologi yang begitu pesat sejalan juga keunggulan dari kurikulum Merdeka dengan teknologi dalam dunia pendidikan.

Ketiga adalah lebih relevan dan belajar yang pertama ada lebih sederhana interaktif pembelajaran melalui kegiatan atas dasar itu sebagai seorang guru dan mendalam fokus pada materi yang proyek atau  Project  Based  Learning.

Hendaknya  terus  mengembangkan  diri  serta  esensial  dan mengembangkan kompetensi memberikan kesempatan kebih luas kepada kompetensinya agar tidak tertinggal peserta didik Pada fasenya belajar tipe peserta didik untuk secara aktif crazy zaman atau biasa disebut dengan gaptek.

Kurikulum Merdeka belajar ini sangat membantu perkembangan teknologi informasi terkini bagi siswa, Karena  dengan adanya merdeka belajar ini memberikan  kebebasan  belajar yaitu  bisa  dimana saja  kapan saja dan bahkan  kalau menggunakan berbagai sumber mana saja apalagi pada saat sekarang ini kita yang masih berada dalam kondisi pandemi mau tidak mau Suka tidak suka kita harus bisa menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar nah salah satunya itu bisa dengan menggunakan teknologi digital untuk menjawab tantangan tersebut.

Penulis : Asmaul Husnah
Mahasiswa Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang IklanCalon Bupati Luwu 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *