Pendidikan Madrasah penting pertahankan akreditasi

SUARAPANTAU.COM, PADANG — Dalam rangka  meningkatkan pendidikan, MTsN 1 Pasaman kembali diakrefitasi setelah 5 tahun yang lalu memperoleh akrefitasi “A”. Dua orang asesor dari Provinsi Sumatera Barat, Armen Ishak dan Khairuddin datang menvisit MTsN 1 Pasaman ditunjuk dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-SM). Jumat (18/10). Kedatangan disambut dengan tarian pasambahan ungkap selamat datang oleh tim kesenian serta iringan sirih carano.

Tampak juga hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh Kasi Pendidikamn Madrasah, Novrizal dan juga hadir Pengawas Madrasah, Zulkarnain ikut datang menyambut tim asesor di madrasah yang terletak di jalan Sudirman ini.

Visitasi atau pengecekan akan berlangsung selama 2 hari (Jumat dan Sabtu). Kegiatan dimulai dengan penyocokan data di 8 standar dan melihat Proses Belajar Mengajar (PBM) guru dan siswa di kelas. Hal ini disampaikan oleh salah seorang asesor, Armen Ishak di ruang akreditasi.

“Bapak Ibu, kami sebagai asesor bertugas mengecek atau mencocokkan data standar-standar yang sudah bapak ibu kirim. Untuk itu, demi kelancaran data yang sudah bapak ibu kirimkan untuk dapat dilihatkan kepada kami”, jelasnya.
“Setelah dilakukan pencocokan data di standar-standar tersebut akan dilanjutkan penilaian melihat PBM berlangsung guru dan siswa di kelas”, tambahnya.

Menyambung hal tersebut Kasi Penmad Kemenag Pasaman, Novrizal dalam sambutannya menginstruksikan kepada madrasah agar dapat membantu tugas asesor dalam menyiapkan data atau bukti fisik sesuai dengan data yang dikirim. “Apa yang ada mari ditunjukkan kepada asesor, berikan data selengkapnya untuk mencocokkan pekerjaan dari asesor di madrasah ini. Harapannya, akreditasi ini dapat terlaksana dengan baik dan hasilnya semoga yang terbaik sesuai dengan diharapkan” , jelas Kasi Penmad.

Harapan yang sama sebagai pimpinan madrasah juga disampaikan oleh Kepala Madrasah, Ade Pabrian dalam paparannya kepada asesor menyampaikan sejarah, keadaan madrasah, sarana prasarana serta capaian guru dan siswa madrasah terkini.

Lebih lanjut kamad juga menginformasikan bahwa beberapa tahun belakangan ini pendidikan di madrasah sudah dilirik oleh masyarakat dibuktikan kepercayaannya masyarakan memilih menyekolahkan putra-putrinya di madrasah mulai meningkat dari tahun ke tahun.

Lebih lanjut keterangan Kamad juga menyampaikan bersama guru dan staf administrasi akan terus meningkatkan kualitas serta meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya belajar di madrasah.

“Sebagai lembaga pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa, kami terus berupaya dan terus melakukan yang terbaik untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan di madrasah. Sehingga dengan memberikan layanan pendidikan yang baik, tingkat kepercayaan masyarakat akan semakin bagus. Salah satu bentuk yang dilakukan yaitu dengan memperoleh akreditasi Unggul”, jelas Kepala Madrasah. (Jaya Nasa Perta) mengabarkan (IS)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait