Kusfiardi: Dibutuhkan Kejujuran dan Ketegasan Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Analis Ekonomi Politik Indonesia, Kusfiardi

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Analis Ekonomi Politik Indonesia, Kusfiardi minta pemerintah harus jujur dan membangun kepercayaan publik terhadap upaya penanganan Virus Corona (Covid-19).

Menurutnya, dalam situasi saat ini, sangat dibutuhkan ketegasan pemerintah dalam menangani Covid-19.

Hal ini, kata Kusfiardi, didasarkan pada kenyataan dimana peningkatan korban berjatuhan Covid-19 sangat signifikan. Data hari Jumat (10/4) tercatat ada 3.512 orang terjangkit dan 306 pasien yang tidak bisa diselamatkan alias meninggal.

“Jangan sampai saat ini kepercayaan masyarakat ke pemerintah kurang, harus ada ketegasan, harus didukung dengan langkah dan data valid. Kepercayaan ini penting untuk mencegah wabah ini meluas. Nggak bisa lagi pakai retorik, retorika yang menenangkan justru membuat panik,” tuturnya, Jumat (10/4/2020).

Bacaan Lainnya

Kusfiardi meyakini, dengan keterbukaan pemerintah, masyarakat jusrti akan sadar dan bersatu padu menjadi bagian dalam upaya membasmi virus yang sudah mengakibatkan puluhan ribu kematian di dunia ini.

“Lebih baik pemerintah jujur saja, masyarakat akan ngerti, kan banyak saat ini gerakan sukarela. kalau nggak masyarakat yang sudah bergerak oleh kondisis pemerintah yang nggak punya sense of crisis, akhirnya justru memunculkan keresahan baru,” tambah Kusfiardi.

Kusfiradi juga meminta pemerintah dan masyarakat menghentikan seluruh perdebatan ekonomi dan hal lain yang tidak ada kaitannya dengan penanganan Covid-19.

Presiden Jokowi Semua elemen, tambah Kusfiardi, harus fokus pada upaya penyelamatan manusia. Sehingga upaya penanganan pandemik global Covid-19 ini bisa teratasi dengan efektif.

“Jangan dicampur baurkan antara covid dan ekonomi, intinya penyelamatan manusianya ekonomi baru nanti,” pungkas Kusfriadi.(*)

Kirim email ke redaksisuarapantau@gmail.com

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *