Sosok Letjen Ganip Warsito Gantikan Doni Monardo Kepala BNPB

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA — Ditengah perang melawan pandemi Covid-19, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang juga Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Selasa (24/5/2021) pagi tadi pukul 10.00, akan diganti oleh Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Ganip Warsito.

Ganip menggantikan Doni yang pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni mendatang. Pelantikannya dilakukan Presiden Joko Widodo setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Bacaan Lainnya

”Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat dikonfirmasi Kompas, Selasa malam.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga membenarkan rencana pergantian Doni Monardo. ”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik pada Selasa pagi,” ujar Pratikno.

Hingga malam, Doni Monardo belum bisa dihubungi karena tengah memimpin rapat. Namun, Staf Khusus Doni, Egy Massadiah, membenarkan adanya pergantian kepala BNPB tersebut.

”Direncanakan besok pelantikan pukul 10 WIB di Istana Negara oleh Presiden, dan dilanjutkan siang harinya serah terima jabatan di Graha BNPB,” kata Egy.

Presiden Jokowi sebelumnya melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Pelantikan Doni didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang pengangkatan kepala BNPB.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Doni merupakan Sekretaris Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional.

Jenderal bintang tiga ini pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, juga menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Panglima Kodam Pattimura, dan Pangdam Siliwangi, Jawa Barat.

”Saat Pak Doni melepaskan jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Dan Yonif) 741/Satya Bhakti Wirottama di Bali, yang menggantikan adalah Pak Ganip. Jadi, Pak Doni sudah mengenal siapa penggantinya itu,” ujar Egy.

(*/Basri)

Facebook Comments

Pos terkait