Dosen UNJ Gelar Pelatihan Menulis Artikel untuk Siswa SMP dan SMA

  • Whatsapp
Dosen UNJ Saat Adakan Pelatihan Menulis Artikel

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA -Melalui program pengabdian masyarakat dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan pelatihan penulisan artikel terkhusus untuk santri dan santriwati  Yayasan Al-Kamilah yang sedang menempuh pendidikan pada tingkat SMP dan SMA, Serua, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (8/6/21) minggu lalu

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis artikel, sehingga berdampak pada keterampilan siswa mengerjakan soal esai terutama pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Umumnya, para siswa cenderung mendaur ulang berbagai tulisan yang ada di internet seperti Google dan Youtube. Hal ini juga dirasakan pimpinan Yayasan Al-Kamilah pada para santrinya yang sedang menempuh pendidikan di jenjang SMP dan SMA di Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Menjawab masalah tersebut, Dr (C) Drs. Zulham, M.Si selaku dosen UNJ memberikan pelatihan penulisan artikel  kepada siswa-siswi  SMP dan SMA yang juga santri di Yayasan Al Kamilah. Menurutnya, kemampuan menulis artikel bisa dilatih dengan pendekatan jurnalistik. Mulai dari cara menemukan ide hingga mengolah dan mewujudkannya dalam tulisan yang menarik.

“Pendekatan jurnalistik adalah pendekatan strategis yang biasa digunakan wartawan dalam menulis berbagai berita di media massa. Pendekatan ini diyakini tepat dalam memperkenalkan, mengasah dan sekaligus meningkatkan kemampuan menulis para siswa sekolah,” ucapnya saat diwawancarai Suara Pantau.Com.

“Semakin awal mereka memiliki kemampuan menulis artikel, maka semakin besar peluang mereka berhasil mengerjakan berbagai tugas penulisan di masa depan. Kemampuan soft skill tersebut bisa membantu mereka pada jenjang yang lebih tinggi, semisal saat jadi mahasiswa kelak karena sudah terbiasa menulis sebelumnya. Sebab, bisa menulis artikel atau tugas-tugas yang terkait maka para siswa sedari SMP hingga SMA dan perguruan tinggi akan terbiasa dengan karya sendiri dan menjauhkan mereka dari tindakan plagiat atau membajak karya orang lain di kemudian hari,” lanjutnya.

Diketahui, pelatihan tersebut menghadirkan narasumber seorang penulis novel dan eks wartawan Bisnis Indonesia Dr. Andi Mulya, S.Pd, M.Si. Buku Ensiklopedia Olahraga Indonesia (2009) dan Novel Mak Adang dari Nagari Keramat (2015) adalah karya nyatanya yang bisa dijadikan kisah sukses saat pelatihan.

“Jujur, tadinya saya ngedumel dan tidak tertarik ikut pelatihan ini. Apalagi paginya baru selesai ujian semester, tentu bete ngebayangin capeknya. Tetapi setelah ikut dan melihat langsung narasumbernya, saya justru sangat bersyukur bisa ikutan,” ujar Muhammad Aril, salah satu peserta pelatihan mewakili siswa SMA.

“Saya sangat senang bisa ikut pelatihan menulis artikel ini. Minat menulis saya jadi bisa semakin terasa dan terarah,” tegas Sabrina Aprillia Putri mewakili siswi SMP.

Pimpinan Yayasan yang diwakili oleh Haryono, SH, MH menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Universitas Negeri Jakarta yang telah melaksanakan pelatihan penulisan artikel sebagai program pengabdian kepada masyarakatnya.

“Mewakili yasasan, kami sangat berterima kasih kepada Universitas Negeri Jakarta yang telah melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan menulis artikel. Pelatihan Menulis Artikel dengan Pendekatan Jurnalistik untuk Siswa SMP dan SMA di Kabupaten/Kota Depok ini sangat bermanfaat bagi para santri yang juga berstatus siswa sekolah saat ini. Kemampuan menulis artikel ini memang mereka butuhkan. Tidak hanya untuk saat ini tetapi juga dalam mempersiapkkan masa depannya sebagai soft skill,” ungkapnya.

(*/SA)

Facebook Comments

Pos terkait