Inspiratif! Sosok Herlina Anak Petani Berhasil Raih Gelar Doktor di PPS UNM

  • Whatsapp
Foto bersama usai Ujian Promosi Doktor Herlina - SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Kondisi finansial keluarga seringkali jadi alasan utama seseorang tidak bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang Perguruan Tinggi.

Namun, hal tersebut berbeda dengan sosok Herlina, lantaran dirinya berhasil meraih gelar doktor di Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) kendati berasal dari keluarga yang cukup sederhana dan bekerja sebagai petani.

Bacaan Lainnya

Alumnus Prodi Ilmu Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) PPS UNM tersebut merupakan putri pasangan dari H. Muhammad Tahir dengan Hj. Senni.

Herlina mengungkapkan kesabaran dan keteguhan orang tuanya yang mengantarkan dirinya bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

“Orang tua begitu tangguh, semangat dan sabar mengantarkan anaknya menyelesaikan kuliahnya,” ungkapnya.

Herlina mengenang setamat SMA 2005 silam dirinya tidak langsung kuliah karena keterbatasan biaya.

Barulah Ia berangkat ke Makassar setelah diarahkan oleh mendiang H. A. Rauf yang juga merupakan orang tua salah satu dosen UNM, Prof. Dr. H. Bakhrani Rauf.

“Tidak ada yang tidak mungkin ketika Allah SWT berkehendak, setelah tamat SMA di kampung, saya tidak bisa melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi karena keterbatasan biaya dan kurangnya akses dan pengalaman untuk hijrah ke Kota. Kemudian pada saat itu, ketemu sama bapak H.A. Rauf Manna (alm). beliau bertanya kenapa tidak ke Makassar mendaftar kuliah?,” kisahnya.

Mendengar alasan Herlina, mendiang Alm H. Rauf langsung mengarahkannya untuk berangkat ke Makassar mendaftar di UNM dan langsung ke rumah Prof Bakhrani kala itu.

Kala itu, Herlina dibantu Dr. Hj. Mihrani. S.Pt .MP yang juga masih adik Prof Bakhrani untuk mendaftar di Jurusan Pendidikan Biologi.

“Tidak ada yang sulit jika kita selalu berusaha dan berdoa. Ikhlas berbuat baik kepada siapapun, kelak kita pun akan dipertemukan dengan orang-orang baik pula. Kita hanya punya tugas untuk menjalani dengan sepenuh hati yang telah ditetapkan oleh sang ilahi dan lihatlah keajaiban dan kekuasaan Allah SWT setelah itu,” ucap Herlina.

Herlina berterima kasih kepada banyak pihak yang sangat berperan membantu dirinya mulai dari mendaftar S1 di UNM hingga Ia bisa meraih gelar doktor.

“Keberhasilan tersebut banyak pihak yang terlibat dan mengambil peran. Bukan hanya dari pihak keluarga saja, tapi ada beberapa nama yang menjadi alasan dan selalu ikhlas serta sabar menginspirasi sehingga saya bisa sampai pada tahap ini,” tandasnya.

“Dr. Hj. Mihrani A. Rauf, S.Pt,. MP., Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A. Rauf, MT dan Alm Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide SH. Beliau semua adalah orang-orang yang berjasa dalam hidup saya,” sebut Herlina.

Herlina berharap nasehat kebaikan terutama Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide dapat menjadi bekal bagi dirinya dimasa mendatang.

“Saya hanya bisa berdoa kepada Allah SWT semoga beliau semua sehat serta bahagia selalu dan terkhusus Almarhum Prof. Dr. H. Andi Mustari Pide, S.H terimakasih banyak atas segala nasehat-nasehatnya semasa hidup sehingga menjadi bekal saya untuk terus memacu diri, berproses dan menapaki serta menaklukkan jalan yang tak mudah ini,” tutupnya.

(Ibnu Sultan)

Facebook Comments

Pos terkait