Moekhlas Sidik: Empat Pilar Membangun Karakter Kebangsaan

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, PASURUAN – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Laksdya TNI (Purn) Moekhlas Sidik mengingatkan pentingnya membangun mental dan karakter kebangsaan.

Ia mengingatkan pentingnya sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk menangkal berbagai pengaruh buruk global dan dinamika zaman.

Empat Pilar Kebangsaan diantaranya, Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu bangsa.

“Empat Pilar Kebangsaan ini harus menjadi doktrin pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan hal mendasar, kemajuan suatu negara bukan hanya dilihat dari aspek intelektualitas tapi mengabaikan moral atau karakter,” ungkapnya.

Lebih jauh, lanjut Moekhlas Sidik implementasi empat pilar pada generasi muda bisa bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari mulai dari hal-hal yang sederhana.

“Pendidikan karakter adalah bagian dari usaha sadar pembangunan manusia seutuhnya, yang menyentuh segenap aspek dan dimensi kemanusiaan,” ungkapnya.

(red)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait