Andi Zulkarnain: Kerja Kemanusiaan 2 WNI Ditahbiskan Jadi Imam Gereja di Kazakhstan

  • Whatsapp
Andi Zulkarnain, Sekretaris Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan -SUARAPANTAU.COM

SUATU kebahagiaan bisa menghadiri Pentahbisan dua WNI dari Flores, NTT, Indonesia: Romo Pater Filip, CJD dan Romo Pater Agustin, CJD, menjadi Imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Fatima – Bunda Segala Bangsa di Karaganda, Kazakhstan.

Di momen Pentahbisan yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2022 tersebut juga ada penyampaian ayat dalam Bahasa Indonesia.

Kami menyaksikan mereka begitu dicintai oleh jamaatnya. Suatu kerja kemanusiaan dan diplomasi budaya yang sangat tinggi.

Pada kesempatan yang sama Bung Dubes Fadjroel menyampaikan bahwa “Bangga dan terharu melihat putra-putra Indonesia berbakti bagi agamanya dan kemanusiaan di negeri orang. Semoga selalu sehat dan selamat”.

Kami menempuh perjalanan sekitar 400 kilometer pulang pergi Nur-Sultan-Karaganda. Ini merupakan perjalanan pertama kami ke kota industri tersebut.

Dalam sambutannya, Pater Filip, CJD dan Pater Agustin, CJD merasa terharu karena meskipun orangtua kandung mereka dari NTT tidak sempat hadir.

Namun Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Bung Fadjroel Rachman bisa hadir langsung menyaksikan semua prosesi.

Bung Dubes Fadjroel Rachman sejak awal menerima undangan sudah menyampaikan agar diatur perjalanan ke sana karena selain alasan kemanusiaan, KBRI Nur-Sultan juga merupakan representasi negara Indonesia di Kazakhstan yang harus mengayomi dan melindungi semua warga negara Indonesia.

Sekali lagi selamat kepada Romo Pater Filip, CJD dan Romo Pater Agustin, CJD

Salam Hormat,

Andi Zulkarnain
Sekretaris Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait