Tradisi Robo-Robo di Kubu Raya, Warga Gelar Doa Tolak Bala dan Makan Bersama

  • Whatsapp
Warga Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya gelar doa dan santap bersama ritual Robo-Robo (21/9/2022) - SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM, KUBU RAYA – Perayaan tradisi robo-robo masih lekat dengan masyarakat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kali ini, robo-robo digelar warga Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya, Rabu 21 September 2022.

Perayaan berlangsung di halaman kantor Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya.

Pelaksanaan robo-robo di daerah ini merupakan tradisi rutin yang digelar pada hari Rabu terakhir di bulan Safar kalender Hijriah.

Tradisi robo-robo dimulai dengan doa bersama memohon keberkahan dari Allah Subahanawata’ala serta dijauhkan dari bala. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama makanan khas melayu.

Tradisi ritual ini, dimaksudkan agar dijauhkan dari bencana, kesusahan dan diganti dengan kebahagiaan maupun limpahan rezeki.

Bersantap penuh keakraban di siang hari antara menjelang hingga sesudah zuhur. Menu makanan tersaji khas Kalimantan Barat.

Kepala Desa setempat Desa Kapur, Fahmi menyampaikan tradisi ini sebagai momentum merekatkan silaturahim dan pelestarian tradisi leluhur.

Pelaksanaan traidisi robo-robo melibatkan unsur pemerintah setempat, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

“Peringatan robo robo ini akan kita lestarikan dan di adakan di setiap tahunnya dengan lebih meriah lagi,dengan melibatkan seluruh ltokoh-tokoh adat budaya yg ada di desa kapur khususnya,” ujarnya.

Sejarah Tradisi Robo-robo Warga Melayu

Tradisi ritual Robo Robo awalnya hanya dilakukan oleh masyarakat suku Melayu yang berdiam di sekitar Kuala Mempawah, 67 kilometer dari Kota Pontianak.

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait