Tindak Lanjut KTT-G20 Mengintegrasikan SDGs Melalui One Health

Wujudkan kesehatan dunia melalui program One Health - SUARAPANTAU.COM

Roadmap One Health

Untuk itu kita terus berbenah diri, melakukan evaluasi, dan melakukan implementasi untuk membuat One Health ini menjadi isu yang penting di tiap-tiap negara peserta G20, terutama negara-negara yang kaya dengan keanekaragaman hewani dan hayati seperti Indonesia.

Adapun tantangan dalam implementasi one health adalah ego profesi untuk berkolaborasi. Kolaborasi penting supaya lintas departemen dan lembaga lebih memperhatikan one health sebagai isu bersama tidak menitikberatkan ke satu atau dua profesi yag bretanggujawab.

Sehingga diharapkan one health ini menjadi isu prioritas di beberapa tempat yang memang menunjukkan fluktuasi peningkatan kasus tinggi yang disebabkan oleh hewan.

Baca juga: Dukung Ekonomi Bangkit, PMN Gelar Diskusi Inovasi Pengembangan Ekonomi dan Bisnis Pasca Pandemi

Kolaborasi interdisipliner dan lintas negara diperlukan untuk menjamin pencegahan, kesiapsiagaan dan penanggulangan pandemi di masa depan. Kolaborasi semacam ini membutuhkan peningkatan kapasitas, kemitraan ilmiah, dan upaya berbagi pengetahuan.

Untuk itu, agar pendekatan One Health ini terimplementasi dengan benar, maka harus dijabarkan secara teknis dengan rencana aksi nasional diikuti dengan rencana aksi hingga tingkat kabupaten kota, pentingnya advokasi One Health kepada penentu kebijakan publik seperti kepala daerah, anggota DPR, atau politisi.

Baca juga: Hasil Riset: Kesehetan Mental Remaja Indonesa Memiliki Masalah, Simak Penjelasannya!

Demi memperkenalkan One Health agar tercipta dukungan politis dari kalangan penentu kebijakan publik sehingga implementasi One Health ini bisa dilaksanakan melalui tuntutan politik yang lebih kuat lagi dan disusun ke dalam sebuah regulasi sehingga bukan sekedar program kerja biasa.

Selain itu meningkatkan kesadaran masyarakat, dengan edukasi dan peningkatan kesadaran secara terus menerus, agar masyarakat umum terutama tokoh-tokoh publik dan akademisi mengetahui dan sadar akan pentinya pendekatan One Health ini bagi masyarakat.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait