Delegasi DPD RI Kunker ke Kazakhstan Tinjau Keberhasilan Perpindahan Ibukota Astana

Delegasi DPD RI Kunker ke Kazakhstan Tinjau Keberhasilan Perpindahan Ibukota Astana (5/4/2023). Suarapantau.com

SUARAPANTAU.COM – Delegasi Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan kunjungan kerja ke Kazakhstan bahas keberhasilan perpindahan ibukota negara ke Astana, Rabu 5 April 2023.

Kunjungan luar negeri dipimpin oleh Nono Sampono berdialog langsung dengan Gubernur Ibukota Astana, Zhenis Kassymbek beserta dua wakilnya Mr. Nurlan Nurkenov dan Mr. Yesset Baiken di kantor Gubernur Astana.

Delegasi DPD RI turut didampingi langsung oleh Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, Dr. Mochammad Fadjroel Rachman.

Baca Juga: Dubes Fadjroel: Visa Kunjungan Saat Kedatangan ke Indonesia untuk Kazakhstan Mulai Berlaku

Delegasi dan Gubernur Astana telah berdiskusi dan bertukar pandangan tentang pengalaman perpindahan ibukota negara, khususnya pengalaman Astana yang telah 25 tahun menjadi ibukota baru Kazakhstan.

Dalam sambutan pembukaan, Nono Sampono menegaskan bahwa kedua negara mempunyai banyak kesamaan sebagai bangsa dengan mayoritas penduduk muslim, namun tetap menghargai keanekaragaman.

Baca Juga: Perusahaan Otomotif Hyundai Buat Robot Pengisi Daya Mobil Listrik

Meski telah menetapkan perpindahan ibukota, Bapak Sampono menjelaskan adanya perbedaan cukup mendasar dari pengalaman Kazakhstan dan Indonesia.

“Kami di Indonesia tidak hanya akan berpindah lokasi ibukota, tapi juga berpindah pulau. Dari Jakarta di pulau Jawa sebelah Barat Indonesia ke Nusantara di Pulau Kalimantan di bagian tengah Indonesia”, ujarnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait