Basmin Mattayang Kukuhkan Paskibra di Rumah Jabatan Bupati

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra), di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kacamatan Belopa Utara, Selasa (15/8).

Pengukuhan ini pun disaksikan langsung para orangtua dari Paskibra. Hal ini membuat rasa haru dan bangga atas pencapaian putra/putri terbaik se-Kabupaten Luwu.

“Kita memang sengaja hadirkan orangtua mereka, supaya bisa meliat langsung anaknya dikukuhkan. Tentu ada kebanggaan tersendiri bagi orangtua,” kata Kepala Bidang Kesbangpol pada Badan Kesbangpol Luwu, Nasrawati .

Nasra merincikan, bahwa dari 70 anggota Paskibra Luwu, 38 diantaranya adalah laki-laki dan 31 lainnya perempuan. “Dengan selesainya pengukuhan ini, barulah resmi mereka dinyatakan
sebagai anggota Paskibra,” katanya.

Ia menguraikan alur seleksi calon anggota Paskibra beberapa waktu lalu. Menurutnya seleksi ini benar-benar secara transparan dan profesional tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Seleksi dilakukan langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), pihak Kesbangpol Luwu hanya mengumumkan hasilnya saja.

“Pemusatan di Tribun lapangan Andi Djemma luwu. Latihannya di Lapangan Andi Djemma. Mereka mulai masuk tanggal 4 Agustus 2023 sampai 18 Agustus 2023 pagi,” jelasnya.

Sementara itu, Basmi Mattayang menyampaikan selamat kepada anggota Paskibra yang telah dikukuhkan. Ia menyebut anggota Paskibra nantinya akan melaksanakan tugas penting dan terhormat, yaitu mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

“Momentum ini menandai bahwa kalian adalah generasi muda Luwu yang terpilih untuk melaksanakan tugas yang mulia ini. Pengukuhan ini, tentu bukanlah sebuah proses yang biasa, akan tetapi momentum ini merupakan hasil dari proses seleksi dan hasil dari pelaksanaan bimbingan, pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya,” kata Basmin.

Ia juga menyinggung tema HUT ke-78 RI yaitu ”Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Menurutnya tema ini mencerminkan semangat untuk terus melanjutkan perjuangan dan upaya pembangunan, serta bekerja sama dalam memanfaatkan kesempatan demi kemajuan Indonesia.

“Tema ini menjadi langkah yang konkret dan progresif. Tindakan nyata ini harus terus berlanjut,” ujarnya.

Salah satu orangtua Paskibra yang dikukuhkan, Keila mengaku bersyukur atas dipilihnya putrinya sebagai
Paskibra 2023 ini. Ia bilang, momen ini akan jadi momen berbahagia bagi putri dan keluarganya. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait