Abdul Hafid Alhaq: 11 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

SUARA PANTAU – Konsumsi buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anda. Buah kurma banyak dikonsumsi oleh umat islam, sebagai salah satu sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Kurma (Phoenix dactylifera L.) merupakan buah dari keluarga tanaman Arecaceae yang memiliki biji tunggal (monokotil). Tanaman ini diduga berasal dari dataran Mesopotamia, Palestina atau sekitar Afrika bagian Utara (Maroko) sekitar 4000 tahun sebelum Masehi dan tersebar ke kawasan Mesir, Afrika Asia Tengah dan sekitarnya sejak 3000 tahun sebelum Masehi.

Kurma biasanya dihidangkan sebagai takjil dalam bulan ramadhan saat berbuka puasa oleh masyarakat. Selain itu, kurma juga dijadikan oleh-oleh wajib masyarakat Indonesia yang kembali dari tanah suci dalam melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Ditinjau dari berbagai manfaat buah kurma yang mengandung banyak sekali manfaat bagi manusia.

Baca Juga: 7 Pola Hidup Sehat Dalam Ajaran Islam

Terkait dengan manfaat kurma dari segi kesehatan, mungkin sebagian besar masyarakat sudah mengenalnya akan khasiat buah kurma, namun dari segi ekonomis dan ekologis, bisa jadi masih banyak yang belum mengetahuinya.

Dari segi ekonomi, kurma dapat menciptakan industri baru yang dapat dikembangkan sebagai ladang bisnis yang mengiurkan.

Kemudian dari segi ekologi, daunnya yang hijau, batang kayunya yang kokoh, dan akar pohonnya yang kuat mencengkram ke dalam tanah ternyata memiliki beragam fungsi yang sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Contohnya akarnya yang kuat mampu mencegah terjadinya tanah longsor saat musim hujan, batang kayunya yang kuat bisa dijadikan pondasi dalam bangunan.

Baca Juga: Tinjauan Hukum Islam Tradisi Bajapuik Perkawinan di Pariaman

Manfaat Kurma Menurut Alquran

Kurma merupakan salah satu dari beberapa buah yang memiliki posisi sangat istimewa dalam Al-Qur’an sebagaimana terbukti dengan banyaknya ayat Al-Qur’an dan AlHadits yang mengulas tentang kurma.

Al-Qur’an menyebutkan mengenai anjuran bertanam dan mengonsumsi kurma, “Dan kami turunkan air dari langit dengan suatu ukuran, lalu kami jadikan air itu menetap di bumi, dan pasti kami berkuasa melenyapkannya. Lalu dengan (air) itu, kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur, di sana kamu memperoleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari (buah-buahan) itu kamu makan” (QS. Al-Mu’minun : 18-19).

Muhammad bin Umar bin Al-Hasan Ar-Razi menyebutkan dalam tafsirnya bahwa kurma salah satu buah yang harus ditanami dan dirawat.

Ayat ini mengisyaratkan bahwa, buah yang ditanami akan menjadi makanan pokok dan juga bisa hanya menjadi pelengkap makanan untuk mengambil kelezatannya.

Allah menyebutkan kalimat kurma dalam ayat ini, karena kurma bukan sekedar pelengkap makanan tapi juga makanan pokok bagi manusia.

Baca Juga: Kesehatan Mental Dalam Islam dan Cara Mengobatinya

Daftar Manfaat Kurma

Kurma merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat di setiap bagian pohonnya. Tidak hanya buahnya, tetapi bagian-bagian lain dari pohon kurma juga dapat dimanfaatkan, dikonsumsi untuk diambil manfaat kesehatannya bagi tubuh, serta diolah, diproduksi, untuk diperjualbelikan agar mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut .

1. Biji kurma Biji kurma bila dibakar ternyata dapat dijadikan salep untuk mengobati borok. Borok merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada kulit atau selaput lendir dibagian kepala, yang disertai dengan erosi jaringan biasanya menimbulkan rasa gatal pada penderitanya.

2. Ekstrak biji kurma Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Mohammad Reza Takaedi, ekstrak biji kurma mampu meningkatkan aktivitas paraoxanase dan arylesterase pada tikus hiperkolesterol sehingga menurunkan kadar lemak dalam darah. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak biji kurma dapat diolah sebagai obat untuk mengatasi hiperkolesterol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

3. Akar pohon kurma Akar pohon kurma dapat diolah dan diproduksi menjadi obat yakni obat sakit gigi.

4. Ekstrak buah kurma, ekstrak buah kurma sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya ialah demam.

5. Ekstrak air kurma Berdasarkan riset in vivo yang ditempuh Abel Nosereme Agbon dari Fakultas Kedokteran, Universitas Ahmadu Bello, Nigeria. Menunjukkan bahwa ektrak air buah kurma sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi diare.

6. Serbuk sari bunga jantan Selain untuk melakukan pembuahan dengan bunga betina, Serbuk sari bunga jantan juga bisa dijadikan obat yang bernilai ekonomis karena serbuk sari bunga jantan memiliki khasiat sebagai obat anti kanker. Hasil riset Gita Barzin dari Departmen of Biology, Islamic Azad University, Islamshahr Branch, Teheran, Iran dan Maliheh Entezari dari Departmen of Genetics, Islamic Azad University, Tehran Medical Branch, Teheran, Iran beserta tim. Melaporkan bahwa serbuk sari bunga jantan berpotensi sebagai agen antimutasi dan antikanker.

7. Getah daun pohon kurma memiliki banyak manfaat kesehatan yakni dimanfaatkan sebagai obat jantung, ginjal, luka bakar dan sebagai penenag untuk mengatasi kecemasan.

8. Daun kurma Daun kurma memiliki nilai ekonomis dapat dijadikan beberapa kerajinan seperti anyaman tikar, kipas, topi, keranjang,taplak meja,dll yang bisa dijual dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

9. Tandan buah kurma Tandan buah kurma yang telah diambil buah kurmanya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sapu

10. Ekstrak minyak biji kurma, ekstrak minyak biji kurma ternyata juga memiliki nilai ekonomis tinggi di masyarakat. Dari hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ektrak minyak biji kurma menunjukkan bahwa minyak biji kurma sudah memenuhi standar untuk edible oil. Edible oil ialah minyak yang aman untuk dikonsumsi dan tidak beracun.

11. Kayu batang pohon kurma dapat dimanfaat untuk membangun rumah, pagar, furniture ruangan, dan kerajinan tangan,

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki posisi yang sangat istimewa dalam Al-Qur’an dari beberapa buah yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an.

Di dalam Al-Qur’an dan al-Hadits secara tersirat menyebutkan bahwa Islam memerintahkan untuk bertanam kurma, karena kurma memiliki banyak manfaat dalam kehidupan dan tanaman tersebut pada dasarnya sebagai makanan yang berkhasiat bagi tubuh.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait