Apa Itu Largest Contentful Paint Website: Pengertian dan Cara Optimasi

Apa Itu Largest Contentful Paint Website: Pengertian dan Cara Optimasi. PIxabay

SUARAPANTAU.COM – Largest Contentful Paint (LCP) adalah salah satu metrik kunci yang digunakan dalam pengukuran kecepatan dan performa sebuah website.

LCP mengukur waktu yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk menampilkan elemen konten terbesar yang terlihat pada layar pengguna saat website diakses.

Hal ini mencakup gambar, teks, video, atau elemen-elemen visual lain yang memiliki dampak signifikan pada pengalaman pengguna.

Baca Juga: Update Algoritma Google Pembaruan Konten Bermanfaat, Pengaruhi SEO?

Bacaan Lainnya

Pengaruh LCP Terhadap Performa SEO Website

LCP penting karena pengguna umumnya mengharapkan pengalaman web yang cepat, dan waktu tunggu yang terlalu lama untuk menampilkan konten utama dapat mengurangi kepuasan pengguna.

Selain itu, pengunjung dapat meninggalkan website, dan berdampak buruk pada konversi dan pengunjung kembali.

Untuk itu, optimasi LCP adalah hal yang krusial dalam pengembangan website.

Baca Juga: Jasa Content Placement SEO Friendly dan Berkualitas Harga Terjangkau

4 Faktor yang Mempengaruhi Largest Contentful Paint

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi LCP website meliputi:

  • Ukuran gambar
  • Cara Pengiriman Konten
  • Rendering JavaScript
  • Penggunaan Font

Simak penjelasan dibawah ini untuk mendapatkan informasi terkait faktor yang memperngaruhi performa Largest Contentful Paint (LCP) website.

Ukuran Gambar

Gambar-gambar yang besar memerlukan waktu lebih lama untuk diunduh dan ditampilkan. Oleh karena itu, mengompres gambar, menggunakan format yang sesuai, dan mengoptimasi resolusi dapat membantu mengurangi Largest Contentful Paint (LCP).

Baca Juga: Cara Mudah Kirim Berita Atau Rilis ke Media Online

Cara Pengiriman Konten

Pengiriman konten melalui Content Delivery Network (CDN) dapat mempercepat proses pengunduhan, sementara penggunaan server yang kuat dan efisien juga dapat membantu.

Rendering JavaScript

JavaScript yang kompleks atau dijalankan pada tahap awal pemuatan halaman dapat memperlambat LCP. Perlu dipertimbangkan untuk menunda eksekusi JavaScript yang tidak diperlukan pada tahap awal.

Penggunaan Font

Menggunakan jenis huruf yang berat atau banyak font yang berbeda juga dapat memengaruhi LCP. Meminimalkan penggunaan jenis huruf dan memuatnya secara asinkronus dapat membantu.

Cara Optimasi LCP Website

Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimasi LCP pada sebuah website:

  • Optimasi Gambar: Mengompres gambar secara efisien tanpa mengorbankan kualitas visual. Menggunakan format gambar yang tepat, seperti WebP, juga dapat membantu.

    Selain itu, memastikan bahwa gambar hanya dimuat saat diperlukan (lazy loading) juga dapat mengurangi waktu LCP.

  • Menggunakan CDN: Pemanfaatan CDN akan membantu mengurangi latensi pengiriman konten dengan mendistribusikannya di server-server yang tersebar di berbagai lokasi geografis.
  • Prioritaskan Konten Utama: Pastikan konten utama seperti teks dan gambar utama dimuat terlebih dahulu sebelum elemen-elemen lain yang mungkin tidak begitu penting.
  • Optimasi JavaScript: Mengevaluasi dan mengoptimasi penggunaan JavaScript pada website. Hanya menjalankan JavaScript yang benar-benar diperlukan pada tahap awal dan menunda eksekusi JavaScript yang tidak kritis hingga halaman selesai dimuat.
  • Minimalkan Penggunaan Jenis Huruf: Gunakan jenis huruf yang lebih ringan dan hanya muat jenis huruf yang benar-benar diperlukan. Prioritaskan jenis huruf yang umumnya tersedia di browser pengguna.
  • Pemantauan Terus-Menerus: Menggunakan alat-alat pemantauan performa web seperti Google PageSpeed Insights atau Lighthouse untuk mengukur dan memantau LCP secara terus-menerus. Dengan pemantauan yang baik, Anda dapat mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan secara berkala.

Dengan mengoptimasi Largest Contentful Paint, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan kualitas pengalaman pengguna pada website Anda.

Baca Juga: Cara Daftar Blogspot ke Google News Publisher Center

Hal Ini tidak hanya memberikan manfaat kepada pengunjung Anda, tetapi juga dapat memengaruhi peringkat pencarian dan konversi. Sebuah website yang cepat dan responsif adalah kunci untuk sukses dalam era digital saat ini.

Demikianlah informasi tentang Largest Contentful Paint (LCP) website dan cara mengoptimasi agar performa website lebih baik di mesin pencarian.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *