Ribuan Anggota KPPS Parepare Dilantik Secara Serentak

SUARAPANTAU.COM, PAREPARE – Komisi Pemilihan Umum (Kota) Parepare menggelar pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilihan umum (pemilu) pada Kamis, 25 Januari 2024.

Pelantikan itu, digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Khusus, di Parepare, ada 2.765 orang anggota KPPS yang dilantik. Mereka, akan bertugas di 395 tempat pemungutan suara (TPS) di Parepare. Artinya, setiap TPS akan diisi oleh 7 orang anggota KPPS.

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penanaman pohon untuk setiap TPS, yang berlangsung di Taman Terpadu, Kelurah Galung Maloang, Kecamatan Bacuki.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, HM Husni Syam mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali hadir pada kegiatan itu. Beserta, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemenkot Parepare.

Lalu hadir pula Ketua KPU Kota Parepare Muh Awal Yanto yang didampingi empat komisioner lainnya. Yakni, Kalmasyari, Ilham H Muhtar, Nur Islah, dan Ahmad Perdana Putra.

HM Husni Syam mengatakan, pelantikan KPPS merupakan awal dari rangkaian persiapan Pemilu 2024 di Parepare.

Sebab kata dia, KPPS memiliki peran sentral dalam menyelenggarakan proses pemungutan suara secara adil, jujur, dan transparan.

“Mereka adalah ujung tombak demokrasi, yang akan memastikan setiap hak pilih warga terlaksana dengan baik. Saya berharap, para KPPS yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, netralitas, dan integritas,” katanya.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengedepankan sikap positif dalam menghadapi pemilu. Termasuk, pergulatan ide dan pandangan yang beragam.

“Kita perlu menjunjung tinggi nilai dialog, saling menghormati, dan menciptakan suasana yang kondusif agar setiap proses pemilihan berlangsung dengan damai dan aman,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Parepare, Muh Awal Yanto mengatakan, berharap agar anggota KPPS yang dilantik dapat menjaga integritas demi menciptakan demokrasi yang adil. Apalagi kata dia, KPPS memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Mereka menjadi garda terdepan yang mengawasi seluruh tahapan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara di tingkat TPS. Semoga anggota KPPS dapat menyelenggarakan proses penyelenggaraan pemilu dengan baik dan berintegritas,” harapnya.

Lebih lanjut, dari 2.765 orang anggota KPPS yang dilantik. Mereka, akan bertugas di 395 TPS di Parepare. Artinya, setiap TPS akan diisi oleh 7 orang anggota KPPS.

“Untuk Kecamatan Ujung ada 91 TPS, Kecamatan Soreang 124 TPS, Bacukiki Barat 116 TPS dan
Bacukiki 64 TPS,” tandasnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait