Dosen Universitas Bosowa Pelatihan Instalasi PLTS di Pangkep Kepulauan

Pengabdian masyarakat Universitas Bosowa pelatihan instalasi listrik tenaga surya di Pulau Sabangko, Pangkep (17-18/12/2022). SUARAPANTAU.COM

Tim Dosen memilih SDN 41 Sabangko yang letaknya di Pulau Sabangko, Pangkajene Kepulauan dikarenakan pulau ini belum memiliki akses listrik PLN. Meskipun sebagian masyarakat telah menggunakan PLTS secara mandiri, namun kurangnya pengetahuan dan pengalaman berkaitan dengan instalasi dan perawatan, Sebagian besar PLTS warga tidak beroperasi dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 41 Pulau Sabangko, H. Ambo Asse, S.Pd mengucapkan terima kasih atas pelatihan instalasi listrik tenaga surya Universita Bosowa.

Ia mengatakan bahwa penerapan sarana belajar yang membutuhkan listrik tidak pernah dilakukan seperti penggunaan proyektor dan laptop.

Baca Juga: UI Beri Pelatihan Pemilahan Sampah dan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga di Sumedang

Bacaan Lainnya

Selama ini pembelajaran masih sangat konvensional. Berkat pelatihan yang diberikan pihak sekolah berencana akan melakukan penambahan panel surya menjadi 1000 watt

“sehingga Sebagian masyarakat sekitar sekolah juga dapat menikmati aliran listrik,” terangnya.

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat PPs UNJ Kerjasama LPPM UNJ di Desa Bobojong Jawa Barat
Selain instalasi dan pelatihan penggunaan PLTS serta media pembelajaran, juga dilakukan serah terima teknologi yang berupa satu paket system PLTS dengan kapasitas panel surya 400 watt dan inverter maksimal 2000 watt.

Fiskiawan yang merupakan salah satu instruktur dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa dengan adanya onverter 2000 watt memungkinkan pihak sekolah melakukan penambahan kapasitas panel surya dan baterei.

(red)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *