Dosen Universitas Bosowa Pelatihan Instalasi PLTS di Pangkep Kepulauan

Pengabdian masyarakat Universitas Bosowa pelatihan instalasi listrik tenaga surya di Pulau Sabangko, Pangkep (17-18/12/2022). SUARAPANTAU.COM

SUARAPANTAU.COM – Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) membangun Sistem kelistrikan bersumber dari energi matahari yang disebut Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Matahari (PLTS) di UPT SPF SDN 41 Pulau Sabangko, Pangkajene Kepuluan, 17-18 Desember 2022.

SDN 41 Pulau Sabangko merupakan satu-satunya sekolah di pulau tersebut.

Ketua tim pelaksana program, Asdar menjelaskan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, program PLTS tersebut diterapkan di sekolah yang memiliki akses listrik yang terbatas dimana tidak terdapat aliran listrik dari PLN.

“Selama ini, di SDN 41 Sabangko belum ada pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam kelas yang menggunakan tenaga listrik seperti komputer dan LCD (Proyektor),” kata Asdar.

Baca Juga: Jumat Berkah Pangkep Bangkit, H Irwan Bagi Ratusan Nasi Kotak di Masjid dan Panti Asuhan

Dengan adanya listrik PLTS dengan kapasitas panel surya dan inverter masing-masing 400 watt dan dan 2000watt ini, masalah keterbatasan energi listrik dan kurangnya pemanfaatan media seperti proyektor dapat diselesaikan.

Program ini kata dia, melibatkan dosen yang melakukan instalasi PLTS juga memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat dan guru agar mampu melakukan instalasi PLTS secara mandiri dan juga edukasi tentang perawatan yang perlu dilakukan agar system/ teknologi dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Presiden SOA Adam Muhammad Buka Start Funbike 2022 Geopark Maros-Pangkep

Selain itu, setelah dihasilkan aliran listrik dari tenaga surya, dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan menggunakan berbagai teknologi pembelajaran seperti proyektor dan laptop juga penggunaan media pembelajaran digital seperti game edukasi dan animasi pembelajaran. Terdapat juga 3 orang mahasiswa PGSD yang terlibat dalam kegiatan ini yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Penerapan system PLTS, menurut salah satu anggota tim Swandi, merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat dengan skema Kegiatan Kemandirian Masyarakat (KKM) yang dananya diperoleh dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait