Pengamat: Hak Angket Pemilu 2024 Tidak Efektif dan Cenderung Buang Waktu

Direktur Literatur Institut, Asran Siara / Suarapantau

SUARA PANTAU – Pembicaraan mengenai rencana pembentukan Angket Pemilu 2024 menuai perhatian publik.

Diketahui, PDI Perjuangan menggulirkan isu Hak Angket Pemilu 2024 di DPR RI dalam rangka membedah berbagai hal terkait proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

Merespon hal tersebut, Direktur Literatur Institut, Asran Siara menilai Hak Angket Pemilu 2024 tidak efektif dan tidak terlalu prioritas saat ini.

Baca Juga: Alumni HMI Desak Mendes PDTT Halim Iskandar Klarifikasi Isu Pendamping Desa Jadi Buzzer

Hal tersebut, disampaikan oleh Direktur Literatur Institut, Asran Siara dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat, 1 Februari 2024.

Menurut Asran Siara masih banyak hal kerja-kerja legislasi yang lebih mendesak dan prioritas untuk dibahas di DPR RI saat ini.

“Mengenai sengketa Pemilu sudah ada lembaga khusus yang berwenang yang ditunjuk. DPR RI tidak perlu buang-buang waktu dan menguras energi untuk itu,” terangnya.

Baca Juga: Alumni HMI Desak Kepala BIN Klarifikasi Dugaan Pelanggaran Pemilu Kabinda Papua Barat

Lebih jauh, Asran Siara menyebut, sebaiknya bersabar menunggu keputusan KPU RI yang masih berjalan melakukan rekapitulasi saat ini.

“Jauh lebih penting duduk bersama membahas sejumlah agenda strategis negara sebelum masa transisi pemerintahan baru nantinya,” lanjutnya.

Asran Siara berharap energi bangsa ini tidak perlu disibukkan dengan polemik yang tidak perlu hanya demi kepentingan golongan tertentu.

Baca Juga: Literatur Institut: Kampus Harus Netral Wujudkan Pemilu Damai

Sementara, hal-hal yang seharusnya menjadi perhatian serius negara terutama DPR RI terabaikan.

“Semua pihak perlu menahan diri dan bijaksana menerima hasil Pemilu 2024. Siapapun yang terpilih, itulah kehendak dan keinginan rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi,” imbuhnya.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait